Taekwondo UNS Boyong Dua Gelar

Taekwondo UNS Boyong Dua Gelar

Tim Taekwondo Universitas Sebelas Maret (UNS) yang diturunkan pada ajang Liga Mahasiswa Taekwondo Indonesia II berhasil merajai di posisi puncak. Taekwondo UNS Tim A berhasil merebut juara umum I disusul rekan sekampusnnya, Taekwondo UNS Tim B, di posisi ke-2. Tim A berhasil mengoleksi sebanyak 5 medali emas, 2 medali perak, dan 2 medali perunggu. Sementara Tim B memenuhi pundi-pundinya dengan 1 emas, 5 perak, dan 2 perunggu.
“Liga Mahasiswa Taekwondo Indonesia itu ajang kompetisi untuk pemula. Sebelumnya, kompetisi ini juga pernah digelar di UNS dan UNS juara umum,” kata Ketua Unit Kegiatan Mahsiswa (UKM) Taekwondo UNS Abdul Aziz Murtadlo didampingi rekannya Asyidiq Tobona, saat dijumpai di Kantor Humas dan Kerjasama, Selasa (11/6).
Kompetisi yang digelar di kampus Universitas Tunas Pembangunan (UTP), 18 Mei silam, itu diikuti sebanyak 5 perguruan tinggi se-Jateng dan DIY, antara lain: Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Akademi Teknologi Warga (ATW), Akademi Pelayaran Niaga Indonesia (Akpelni), UTP, dan UNS.
“Sebenarnya ada 7 perguruan tinggi. Tapi Universitas Diponegoro dan Universitas Negeri Yogyakarta mengundurkan diri karena ada ujian tengah semester (UTS) di kampusnya,” jelas Aziz.
Untuk mengikuti kompetisi ini, terang Aziz, pihaknya melakukan latihan ketat selama 5 bulan. Selama lima bulan itu para peserta mendapatkan porsi tambahan latihan, meliputi: training center dan dua kali latihan di luar jadwal latihan rutin seminggu dua kali. “Ada juga seleksi khusus untuk menentukan peserta yang boleh ikut kompetisi. Untuk melatih mental saat bertanding kami juga menggelar home tournament untuk kalangan internal setahun dua kali,” papar Aziz.
Kendati kerap memenangkan kompetisi, Aziz mengakui, dirinya dan kawan-kawan berlatih dengan fasilitas seadanya. Bahkan, beberapa alat yang dimiliki saat ini dalam kondisi rusak, seperti: sasaran tendangan dan body protector. “Body protector yang ada sangat sedikit. Jadi, untuk latihan kita harus gantian. Agar tidak gantian setidaknya butuh 15 buah lagi,” tandasnya.
Aziz menambahkan, Taekwondo UNS akan menjadi tuan rumah pada ajang kompetisi UNS Taekwondo Championship III pada 30-31 Agustus dan 1 September mendatang. Sampai saat ini sudah ada 24 perguruan tinggi di seluruh Indonesia yang sudah menyatakan siap mengikuti kompetisi tersebut. [red-uns.ac.id]