Workshop Penulisan Artikel Jurnal Ilmiah bagi Mahasiswa

Pada hari Jumat, 2 November 2012 bidang III FKIP UNS melaksanakan kegiatan Workshop Penulisan Artikel Jurnal Ilmiah bagi Mahasiswa yang dilaksanakan di Ruang Ruby Room Hotel Paragon Solo. Kegiatan ini diawali dengan laporan Ketua Panitia: Muhammad Hendri Nuryadi, S. Pd., M. Sc dan dibuka oleh Pembantu Dekan I Prof. Dr. rer. nat. Sajidan, M. Si serta dihadiri oleh Pembantu Dekan III Drs. Amir Fuady, M. Hum, KTU FKIP Dra. Ning Yuliastuti, Kasubag Kemahasiswaan FKIP UNS Supardi dan teman-teman panitia.

Peserta kegiatan ini adalah perwakilan 4 (empat) orang mahasiswa dari masing-masing Program Studi di lingkungan FKIP UNS sehingga jumlah peserta kegiatan workshop ini berjumlah 100 (seratus) orang mahasiswa. Hadir sebagai pembicara dan pendamping kegiatan workshop ini adalah Dr. Moh. Rohmadi, M. Hum dan Drs. Edy Suryanto, M. Pd.

Kegiatan ini sebagai tindaklanjut dari surat edaran Dirjen Dikti No. 152/E/T/ 2012 tertanggal 27 Januari 2012 Perihal Publikasi Karya Ilmiah yang didalamnya menyatakan bahwa saat ini jumlah karya ilmiah dari Perguruan Tinggi Indonesia secara total masih rendah jika dibandingkan dengan Malaysia, hanya sekitar sepertujuh. Hal ini menjadi tantangan kita bersama untuk meningkatkannya. Sehubungan dengan itu terhitung mulai kelulusan setelah Agustus 2012 diberlakukan ketentuan bagi mahasiswa yang menempuh jalur S1 untuk menghasilkan makalah yang terbit pada jurnal ilmiah. Ketentuan tersebut juga berlaku bagi mahasiswa S2 dan S3.

Berdasarkan surat edaran tersebut maka memiliki konsekuensi yang harus dilaksanakan oleh semua Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia untuk melaksanakan dan mematuhinya. Sebagai tindaklanjut dari hal di atas maka, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNS sebagai salah satu LPTK yang menghasilkan calon Guru yang memiliki visi dan misi mendidik calon Guru yang Berkarakter Kuat dan Cerdas memiliki komitmen untuk menindaklanjuti dengan melaksanakan kegiatan “Workshop Penulisan Artikel Jurnal Ilmiah bagi Mahasiswa”.

Workshop merupakan tindak lanjut juga dari Program Kerja bidang III Kemahasiswaan FKIP yang terkait dengan Softskill Penulisan Karya Jurnalistik yang menjadi Program Rutin Tahunan yang diberikan kepada mahasiswa semester I sebagai bekal untuk menulis ilmiah di Perguruan Tinggi. Workshop ini sangat urgen di tengah masih banyaknya kesulitan para mahasiswa dalam menyusun karya ilmiah secara baik dan benar. Workshop ini diharapkan menjadi wahana belajar untuk menghasilkan karya yang memenuhi syarat. Di dalam workshop ini akan diajarkan mengenai Strategi Penulisan Jurnal Penelitian dan Non Penelitian, serta materi tentang Aspek kebahasaan dalam Penulisan Artikel Jurnal Ilmiah. (Pengelola Web FKIP UNS).