Forkom Kwu UNS Adakan Talkshow Pelatihan Bisnis tanpa Modal dan Event Promosi

Forum Komunikasi Kewirausahaan Universitas Sebelas Maret (Forkom Kwu UNS) mengadakan talkshow dengan mengusung tema “Pelatihan Bisnis tanpa Modal”, Sabtu (28/2). Bertempat di aula Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UNS lantai 4, talkshow ini diisi oleh dua orang narasumber, yaitu Arnold Meka, seorang hipnoterapis dan trainer pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dan Sidharta Padma Marta, seorang enterpreneur.

Azis selaku ketua panitia dalam sambutannya menjelaskan bahwa acara talkshow ini bertujuan untuk memberi dorongan dan motivasi bagi yang belum berwirausaha dan juga menambah kemampuan dan jaringan bisnis bagi yang sudah merintis usaha.

“Di tengah masyarat Indonesia, berkembang lima mitos tentang entrepreneur yang sangat mendarah daging. Lima mitos tersebut adalah entrepreneur itu bukan untuk saya, selalu membutuhkan modal untuk memulai usaha, untuk menuai kesuksesan perlu produk yang unik atau kreatif, agar cepat kaya maka harus cepat menjadi  besar, dan kaya itu adalah gaya hidup,”terang Arnold.

“Padahal kenyataannya, entrepreneur itu milik semua orang, modal yang besar bukanlah faktor penentu keberhasilan suatu usaha, produk yang biasa saja bisa menjadi produk yang luar biasa, dan kaya adalah mentalitas. Dan dalam merintis suatu usaha itu membutuhkan proses yang tidak sebentar,” lanjut Arnold.

“Selain itu juga dibutuhkan integritas dan kepercayaan untuk memulai merintis usaha,” tambah Sidharta.

Selain acara talkshow, juga ada sesi promosi yang diikuti oleh 20 pendatang pertama. Mereka diberi kesempatan untuk mempromosikan usaha mereka di hadapan para peserta. Usaha yang mereka geluti sangatlah beragam, mulai dari usaha produk makanan, biro perjalanan, olahraga, konveksi pakaian, investasi, dan lain sebagainya. Acara talkshow berakhir pukul 12.30 dan ditutup dengan penyerahan vandel kepada nara sumber oleh panitia penyelenggara.[azaria.red.uns.ac.id]