Dalam Sehari, Tiga Kali FMIPA Mengadakan Kuliah Umum

Dalam sehari, tepatnya pada hari Senin, 5 Nopember 2012 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UNS menyelenggarakan kuliah tamu sebanyak tiga kali.  Dua dosen tamu dari luar negeri dan satu dosen tamu dari dalam negeri.

Dimulai pada pukul 09.00 WIB bertempat di Aula Gedung B FMIPA UNS, Prof. Alan Lymbery, Ph. D. dari Murdoch University Australia menyampaikan kuliah umum di hadapan dosen dan mahasiswa Jurusan Biologi. Dengan dimoderatori oleh Prof. Drs. Suranto, M.Sc., Ph.D, beliau menyampaikan materi kuliah dengan judul “Biodiversity Consevation“. Sebelumnya acara kuliah umum dibuka oleh Prof. Drs. Sutarno, M.Sc., Ph.D selaku Pembantu Rektor I UNS.

Pada jam yang sama, bertempat  di Ruang Seminar Gedung C juga berlangsung kuliah umum jurusan Fisika F. MIPA yang disampaikan oleh Prof. Thirapote Puthikitakawiwong dari Mahasarakham University Thailand dengan judul “Renewably Energy“.

Setelah acara kuliah umum dilanjutkan dengan penandatanganan LoI (Letter of Intens) antara jurusan Fisika F. MIPA UNS dengan Physic Departmen Mahasarakham University, penandatanganan LoI disaksikan oleh Dekan F. MIPA Prof. Ir. Ari Handono Ramelan, M. Sc, (Hons). Ph.D

Sementara pada siang harinya, bertempat di Aula Gedung B F. MIPA juga diselenggarakan kuliah umum Jurusan Informatika. Tampil sebagai dosen tamu Dr. Ir. Agus Buono, M.Si, M. Kom dari IPB memberi kuliah dengan judul ” Sistem Pemrosesan Suara: Studi Kasus pada Identifikasi Pembicara dengan Mel-Frequency Cepstrum Coefficients (MFCC) Ekstraksi Ciri dan Codebook sebagai Pengenal Pola.”

Dalam sambutannya, Dekan F. MIPA, Prof. Ir. Ari Handono Ramelan, M. Sc, (Hons). Ph. D berharap agar mahasiswa Informatika bisa menyerap dan mengaplikasikan ilmu yang disampaikan oleh dosen tamu. (Humas Fakultas MIPA UNS).