Dosen UNS Pergi Haji, Kuliah Tidak Libur

Kendati sebanyak 27 dosen UNS berangkat haji, perkuliahan dipastikan tetap berjalan seperti biasa. Sebab, UNS telah menyiapkan team work untuk mengatasi kekurangan dosen tersebut.

Hal itu dikemukakan Rektor UNS Solo Prof Dr Ravik Karsidi MS usai acara pelepasan dosen yang akan menunaikan haji pada hari Senin, 10 September 2012 di gedung Rektorat kampus setempat.

Ravik mengatakan, dengan adanya team work itu, “Bukan berarti akan kosong pada beberapa mata kuliah yang dosen pengampunya tengah melaksanakan haji. Karena setiap fakultas telah mengantisipasinya,” jelasnya.
Lebih jauh, ia menerangkan, tidak serta merta langsung menunjuk salah satu dosen untuk menggantikan dosen lain yang tengah pergi haji. Namun, akan dikoordinasikan oleh team work yang sudah dibentuk fakultas dengan konsekuensi dosen yang menggantikan memiliki disiplin ilmu yang sesuai dengan mata kuliah yang diajarkan.
Dosen-dosen yang berangkat haji itu terdiri dari: 4 dosen dari Fakultas Sastra dan Seni Rupa (FSSR), 2 dosen dari Fakultas Pertanian, satu dosen Fakultas Ekonomi, 2 dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 1 dosen Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2 dosen Fakultas Hukum, 1 dosen Fakultas Kedkteran, 6 dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, dan 8 dosen Fakultas Teknik.

Sementara itu, untuk mendukung kelancaran ibadah haji para dosen UNS, Ravik meminta kepada Pembinaan Agama Islam (PAI) UNS untuk melaksanakan program manasik haji. Karena selama ini tidak sedikit jamaah haji yang belum mengetahui pelaksanaan haji secara pasti dan banyak kekeliruan.

“Ke depan, PAI bisa melaksanakan manasik haji dan yang menjadi panitia atau pelatihnya adalah para dosen yang tahun ini telah melaksanakan haji,” paparnya. Rancananya, program manasik haji akan dimulai tahun depan. (Tim Web UNS).