Alumni and Graduates Gathering

Dalam rangka mempererat hubungan antara alumni dan calon wisudawan, Fakultas Ekonomi UNS (FE UNS) menyelenggarakan “Alumni and Graduates Gatheringpada hari Rabu, 5 September 2012 di Aula FE UNS. Kegiatan diikuti oleh calon wisudawan wisudawati periode I Tahun akademik 2012/2013 Program S-1 Reguler dan Non Reguler serta alumni FE.   Kegiatan ini merupakan  kali pertama di selenggarakan di FE dengan mendatangkan 3 pembicara alumni FE yaitu:

  1. Drs. Arifin Susanto, MA (Bank Indonesia)
  2. Drs. Haryanto, MA (Bappenas)
  3. Drs. Rahmad Wahyudi, Ak (Akuntan Publik)

Dalam sambutannya, Dr. Wisnu Untoro, MS – Dekan FE memaparkan bahwa kegiatan ini merupakan sebuah bentuk tanggung jawab Fakultas dalam melepas mahasiswanya dan berupaya untuk  mempertemukan  dengan alumni yang telah berhasil meniti karirnya agar  terbentuk suatu komunitas yang bermanfaat. “Banyak mahasiswa yang lulus memiliki IPK tinggi tapi gagal saat wawancara kerja, sehingga ke depan kita merencanakan agar mahasiswa aktif dalam organisasi kemahasiswaan yang tersebar di setiap semester. Ketiga pembicara yang kami undang dulunya aktifis di FE dan di kesempatan ini calon wisudawan bisa “sharing” dengan mereka bagaimana mengembangkan karir ke depan” demikian ungkap Wisnu Untoro. Lebih lanjut dikatakan sebagai bentuk kepedulian Fakultas kepada alumni, akan dibuatkan ruang untuk alumni FE.

Talk show yang dipandu oleh Intan Novela  QA, SE, M.Si   menjadi acara yang cukup menarik perhatian peserta. Ketiga pembicara berbagi pengalaman saat mereka berkecimpung di dunia kampus. Mereka bukanlah mahasiswa yang kutu buku tapi senantiasa aktif dalam organisasi. Inti dari pengalaman ketiganya yakni untuk menjadi sukses harus membangun konteks komunikasi ke segala arah.  Beberapa kiat-kiat untuk menembus dunia kerja juga dipaparkan oleh ketiga pembicara yaitu:

  1. Memiliki keyakinan positif pada diri sendiri bahwa kita berpeluang untuk masuk dalam dunia kita kerja yang diinginkan
  2. Aktif mencari informasi: salah satunya perihal materi-materi tes di tempat kerja yang dipilih dll.
  3. 3.   Membangun Networking 
  4. Meningkatkan Soft skills

Dalam hal me-manage diri agar dalam bekerja memperoleh hasil yang memuaskan, ketiga pembicara memberikan tipsnya yakni: berusaha memberikan nilai tambah, jangan melihat jabatan atau pangkat tapi melihat apa tugas dan tanggung jawab kita, tepat waktu,  membangun kerja sama, bekerja dengan tulus dan berkualitas.

Pada acara tersebut diberikan pula penghargaan kepada 16 mahasiswa yang aktif dalam organisasi kemahasiswaan. (Humas Fakultas Ekonomi UNS).