EKSEPSI Fakultas Hukum UNS 2012 (Pekan Orientasi dan Pendidikan Mahasiswa Fakultas Hukum UNS 2012)

Mencermati penerimaan Mahasiswa Baru program sarjana pada perguruan tinggi dilakukan pola seleksi secara nasional oleh seluruh perguruan tinggi secara bersama untuk diikuti oleh calon mahasiswa dari seluruh Indonesia, menjadikan agenda yang diadakan setiap tahun ini menjadi sangat penting bagi kalangan sivitas akademika maupun calon mahasiswa.

Pendidikan pembentukan karakter calon mahasiswa baru dapat dimulai dari hal-hal sederhana yang diajarkan melalui pecan orientasi mahasiswa baru. Dibutuhkan suatu pengelolaan yang terpadu dalam penerimaan mahasiswa dimaksud, hingga ketika seseorang telah diterima di Perguruan Tinggi yang diinginkan. Fakultas Hukum UNS sebagai entitas yang secara otomatis akan mempersiapkan diri menghadapi gelombang Mahasiswa Baru. Orientasi pun menjadi bagian penjamuan Mahasiswa Baru yang membutuhkan bimbingan untuk beradaptasi pada lingkungan baru yang memang berbeda dari sebelumnya (SMA). Bimbingan tersebut ditujukan untuk kemanfaatan diri mahasiswa baru dalam mengenal lingkungan dan beradaptasi guna menjalani kehidupan akademik ke depannya. Semangat yang ditanamkan akan memberikan ekses positif kepada mahasiswa baru.

Untuk itu, pada tahun ini Angkatan 2009 Fakultas Hukum UNS bersama Dekanat bersinergi guna melakukan pembinaan awal terhadap Mahasiswa Baru dalam bentuk Program Orientasi Mahasiswa Baru (EKSEPSI).

Kegiatan EKSEPSI Fakultas Hukum 2012 akan diselenggarakan pada hari Kamis-Sabtu, 9-11 Agustus 2012 mulai pukul 07.00 WIB – selesai dan bertempat di Fakultas Hukum UNS, Jl. Ir. Sutami No.36A Kentingan Surakarta.

Tema yang diangkat dalam kegiatan tersebut adalah “Membentuk Mahasiswa Fakultas Hukum UNS yang Berkarakter Progresif dan Inovatif”.

Sedangkan tujuan kegiatan yang ingin dicapai adalah:

  1. Membentuk mahasiswa baru sebagai mahasiswa hukum yang mampu mengamalkan Tri Dharma Perguruan Tinggi
  2. Mempersiapkan mahasiswa baru sebagai mahasiswa berjiwa pemimpin yang berwawasan, inovatif, professional dan bermoral
  3. Menumbuhkan kesadaran TANGKIS (tanggap dan kritis) mahasiswa terhadap dirinya maupun lingkungan dengan mengenal fungsi dan peran mahasiswa
  4. Mengembangkan dan menerapkan nilai-nilai kebersamaan antar mahasiswa baru dan sivitas akademika
  5. Menanamkan sense of belonging mahasiswa baru terhadap almamater

(Bagian MAWA UNS).