BNI Serahkan Beasiswa Senilai Rp 400 juta

Sebagai bagian dari Corporate Social Responsibility (CSR), PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) menyerahkan beasiswa senilai Rp 400 juta kepada UNS pada hari Jumat, 27 Juli 2012 di Gedung Rektorat UNS. Penyerahan dilakukan langsung oleh Chief Executive Officer (CEO) BNI Wilayah Jawa Tengah Bambang Kuncoro kepada Rektor Univeritas Sebelas Maret (UNS) Prof. Dr. Ravik Karsidi, MS.

Pada kesempatan itu Bambang mengatakan, “Beasiswa ini merupakan bagian dari CSR kami untuk ditujukan ke beberapa sektor, seperti: pendidikan, bencana alam, pelestarian alam, fasilitas umum, dan lainnya.”

Secara terpisah, Kepala Biro Administrasi Kemahasiswaan Drs. Harmawan, M.Lib mengungkapkan, beasiswa itu nantinya akan diberikan kepada 100 mahasiswa UNS. Jumlah itu akan dibagi ke masing-masing fakultas sebanyak 10 mahasiswa kecuali FKIP yang mendapat kuota sebanyak 20 mahasiswa.

Mengenai kriteria mahasiswa yang akan menerima, Ia menjelaskan, “Kriteria secara rinci kami belum menerima karena nanti akan diberikan oleh BNI melalui surat. Namun, kriteria umum yang jelas adalah berprestasi, berasal dari keluarga tidak mampu, dan dari daerah terpencil.”

Ia menambahkan, pada tahun 2011 UNS menerima bantuan beasiswa dari pelbagai institusi sekitar Rp 22 miliar termasuk di dalamnya Bidik Misi. Khusus Bidik Misi, selisih jumlah beasiswa yang diterima dengan besarnya biaya kuliah semuanya ditanggung oleh kampus.

“Semua kekurangan biaya itu ditanggung oleh kampus. Kampus tidak boleh melakukan pungutan kepada mahasiswa,” pungkasnya. (Tim Web UNS).