Lab Sosio Jurusan Sosiologi FISIP UNS Adakan Kuliah Umum

Laboratorium Sosiologi Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UNS menyelenggarakan Kuliah Umum Sosiologi dengan tema “Globalisasi dan Pendidikan untuk Berpikir Kritis”. Kegiatan dilaksanakan pada hari Senin, 9 Juli 2012 mulai pukul 09.30-11.30 WIB bertempat di Ruang Seminar FISIP UNS.

Kegiatan Kuliah Umum tersebut diadakan dengan dilatarbelakangi oleh karena Sosiologi sebagai sebuah ilmu pengetahuan selalu berkembang sesuai dengan waktu. Perkembangan ini mempengaruhi substansi teori, orientasi cara berfikir, dan metode. Ada banyak faktor yang mempengaruhi perkem-bangan ilmu pengetahuan itu sendiri. Salah satu faktor adalah perkembangan di tingkat global.  Dengan demikian maka perlu melakukan peningkatan wawasan global mahasiswa dengan mendatangkan nara sumber dari kalangan internasional.

Pemahaman tentang “Globalisasi dan Pendidikan untuk Berpikir Kritis” merupakan kebutuhan penting di  era sekarang ini. Informasi dan pengetahuan sekarang ini relatif tidak terbendung oleh jarak karena didukung oleh tingkat perkembangan teknologi. Peristiwa-peristiwa besar di belahan dunia, seperti Eropa, Amerika Serikat, dan Australia secara cepat dapat diketahui di belahan dunia manapun.

Di satu sisi pendidikan perlu dipandang sebagai aset penting untuk pencerahan, tidak semata-mata untuk kepentingan akumulasi kapital. Pendidikan yang terlalu menekankan akumulasi kapital dapat menimbulkan degradasi moral khususnya di bidang pendidikan. Oleh karena itu pendidikan untuk kepentingan pencerahan, pembangunan dan kemajuan bangsa dan negara selayaknya mendapatkan prioritas di era sekarang ini.

Kegiatan diikuti oleh dosen dan mahasiswa FISIP UNS sekitar 60 orang tersebut, menghadirkan pembicara yaitu Prof. Siti Kusujiarti, Ph.D. (Profesor Sosiologi dari Warren Wilson College, Amerika Serikat). Kegiatan diisi tanya jawab antara peserta dengan pembicara, yang dimoderatori oleh Dr. Ahmad Zuber, DEA. [FISIP UNS]