Dharma Wanita Persatuan UNS Adakan Seminar Khusus Wanita

Di balik kesuksesan suami selalu ada sosok istri yang mendukungnya. Peran istri menjadi faktor utama untuk mendukung karir suami. Maka dari itu, istri sedianya tak hanya menjadi konco wingking.

Hal tersebut disampaikan oleh Perwakilan Tim Penggerak PKK Jawa Tengah (Jateng) Ibu Hadi Prabowo dalam sambutan saat Seminar Khusus Wanita, Sukses Keluarga dan Karier: Kartini Masa Kini yang diselenggarakan oleh Dharma Wanita Persatuan (DWP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo pada hari Selasa, 26 Juni 2012 pagi di Auditorium UNS.

Ia menjelaskan, seorang istri harus terus meng-update pengetahuan serta tidak ikut campur masalah kedinasan suami. “Melainkan harus mampu memisahkan urusan dinas dan pribadi dan dibekali dengan pengetahuan. Bisa melalui media informasi seperti media cetak maupun elektronik,” jelasnya.

Secara terpisah, Wakil Ketua Bidang Ekonomi DWP UNS, Ir. Herawati Widodo Muktiyo, MM., mengatakan bahwa mewujudkan empati kepada laki-laki itu tidak sederhana. “Setidaknya bila istri layani suami maka suami juga layani istri,” jelasnya saat ditemui wartawan di sela-sela acara.

Herawati berharap, dengan adanya seminar tersebut akan ada perubahan mindset dalam pikiran istri. “Seperti meng-install pikiran dan perasaan dengan menggunakan software hayati manusia. Karena sekarang isri banyak yang hanya meng-install hardware dalam artian dandan terus.”

Seminar yang digelar untuk memperingati Hari Kartini, Hari Pendidikan Nasional, dan Hari Kebangkitan Nasional ini dihadiri setidaknya 200 peserta dari se-eks Karesidenan Surakarta. Sebelum mengakhiri wawancara, Herawati berpesan, “Berusaha mandiri, walau terikat tetapi tetap wajib memperjuangkan hak dan jangan lupa tugasnya. Yang harus diutamakan adalah sukses keluarga dulu baru karier,” pesan Herawati. [red.uns.ac.id]