Final Four, UNS Tantang UGM

Tim basket putri Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo dipastikan melaju ke final four kompetisi Liga Mahasiswa (Lima) Jateng-DIY Conference menantang UGM di GOR Universitas Islam Indonesia (UII), Yogyakarta pada hari Sabtu-Minggu, 12-13 Januari 2013. Hasil kejuaran pada Final Four: juara 1 UGM; juara 2 UDINUS; juara 3 UNS; juara 4 ATMAJAYA. Anak-anak Kampus Kentingan ini gagal menjuarai klasemen pada babak penyisihan setelah ditumbangkan Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) dengan skor 46-51 pada hari Minggu, 6 Januari 2013.
Yullius Dobby, pelatih tim basket putri UNS, mengatakan, pertemuan anak asuhnya dengan UGM menjadi pertemuan keduanya pada kompetisi ini. Laga perdana dengan UGM pada babak penyisihan, UNS berhasil menggulung UGM meski dengan selisih skor tipis. “Saat di babak penyisihan kami memang memang tapi skor cukup ketat, hanya selisih tiga atau empat poin,” kata Yullius pada hari Selasa, 8 Januari 2013.
Untuk menghadapi UGM, Yullius memfokuskan pada pembenahan mental pemain. Berkaca pada hasil di pertemuan pertama, diakuinya, anak-anak asuhnya tidak berdaya untuk mempertahankan ritme permainan kendati sempat unggul cukup jauh. “Saat itu kami unggul sampai 13 poin. Tapi, di akhir kuarter kami terkejar hingga selisih kurang dari lima poin,” jelasnya.
Selain laga kedua tim, di final four juga mempertemukan Udinus Semarang dengan Universitas Atmajaya Yogyakarta. “Nanti yang lolos ke babak antarwilayah adalah dua tim yang masuk ke babak final four ini,” pungkas Yullius Dobby. [red-uns.ac.id]