PUSPARI UNS dan LPPM UNS Adakan Pelatihan Sektor Kepariwisataan

Sebagai salah satu rangkaian peringatan Dies Natalis Univerisitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta ke 39, Pusat Studi, Penelitian, dan Pengembangan Pariwisata (PUSPARI) UNS dan segenap panitia yang berasal dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UNS akan mengadakan pelatihan yang bertema Strategi Meraih Keunggulan Kompetitif Dalam Pembangunan Destinasi Pariwisata Berkelanjutan Berbasis Techno-Economic Preneur.

Pelatihan ini diadakan untuk memberi pengetahuan dan keterampilan kepada seluruh stakeholder (pemegang kewenangan) kepariwisataan. Acara ini akan digelar 20 Maret hingga 5 April 2015 untuk Weekend Program dan 10 hingga 13 April 2015 untuk Field Study ke Bali sebagai studi komparasi terkait dengan kepariwisataan yang sudah maju. Nantinya, acara ini bertempat di gedung LPPM UNS. Sesi pertama dimulai pukul 16.00-17.30 WIB , sedangkan sesi kedua dimulai 18.00-19.30 WIB.

Pendaftaran akan mulai dibuka 15 Februari hingga 15 Maret 2015 dengan menunjukkan bukti transfer. Biaya pelatihan yang diharuskan untuk dibayar adalah Rp7,3 juta yang ditransfer ke Bank BNI rek 0122705399 atas nama rektor UNS.

Gagasan pelatihan ini muncul karena fenomena yang banyak terjadi di kawasan kecamatan, kabupaten/kota, bahkan provinsi. Para pemegang kewenangan kepariwisataan belum memiliki cukup pengetahuan dan keterampilan untuk membangun destinasi pariwisata. Belum mampu melihat potensi daerahnya, tidak mampu melihat peluang yang ada, dan tidak mampu menjawab tantangan global, sehingga pariwisatanya sepi dan tidak berkembang. Padahal di era global ini pariwisata menduduki ranking pertama dalam peningkatan pendapatan daerah kabupaten/kota bahkan nasional, yang dapat mendorong laju pertumbuhan ekonomi.

Tema ini merupakan tema multidisiplin, jadi dapat diikuti oleh para peserta yang berasal dari berbagai bidang ilmu seperti, ekonomi, sosial, politik, budaya, pertanian, teknik ataupun yang belum disebutkan. Juga dinas-dinas di kabupaten/kota, seperti Dinas Pariwisata, Bapeda, Dinas Pekerjaan Umum (DPU), Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Pertanian, Dinas Perdagangan, dan para anggota DPR khususnya pada bidang pembangunan dll.

Pembicara dan pengajar dalam acara ini adalah Ir. Made Suastika (Sustainable Tourism Development & Techno-Economic Preneur), Ir. Soewandi (Tourism Hospitality), Ir. Galing Yudayana, dan Ir. Wiwik Setyaningsih. Info lebih lanjut bisa diakses pada alamat lppm.uns.ac.id.  [Humas LPPM UNS]