FP UNS Gelar Life Management Training untuk Mahasiswa D-3

Fakultas Pertanian (FP) Univesitas Sebelas Maret (UNS) Soloyang bekerjasama dengan Life Management Training (LMT)Consulting Ki Seno Hadi Sumitro menyelenggarakanLMT untuk mahasiswa D-3 FP angkatan 2014, Sabtu (20/12/2014). Pelatihan dilaksanakan di gedung aula FP UNS yangdihadiri  sejumlah 272 peserta dari 2 program studi  yaitu Teknologi Hasil Pertanian (THP) dan Agrobisnis.

Menurut Pembantu Dekan (PD) III FP Kawiji, pelatihan ini dimaksudkan untuk memupuk dan meningkatkan kecerdasan emosional dan spiritual mahasiswa, juga agar memiliki kemampuan emosional dan spiritual yang memadai sebagai bekal kompetitif di pasaran kerja.

Dalam ceramahnya, Seno Hadi Sumitro menyampaikan bahwa untuk menjadi bangsa yang maju dan berpengaruh kita harus berupaya untuk  membuat setiap warga negeri ini sukses. Salah satu caranya adalah dengan memberi keterampilan hidup. Keterampilan hidup yang sangat diperlukan oleh setiap mahasiswa  adalah mengenal keunggulan dirinya sejak dini, kemampuan melihat peluang sekaligus kepedulian terhadap lingkungannya, dan kemampuan  mengurai rencana ke depan yang lebih baik. Sehingga akan terwujud individu yang berpikir positif, giat belajar, beretos kerja tinggi, inovatif, berdedikasi tinggi, dan mampu bekerja sama.

Lebih lanjut, LMT difokuskan untuk meningkatkan keterampilan hidup (life skills), khususnya dalam mengelola hidup dan merencanakan masa depan. Diharapkan, kemampuan mengelola hidup dan merencanakan masa depan dari tiapindividu  akan menjadikan mahasiswa orang-orang yang mampu menggunakan potensi yang dimilikinya untuk selalu berinovasi dan berprestasi. Dengan demikian mahasiswa bisa menciptakan suasana belajar yang kondusif. Kontribusi dan terakumulasinya kesuksesan mahasiswa akan menjadikan bangsa Indonesia besar di masa depan. Dengan Pelatihan LMT ini diharap-kan momentum kisah sukses tokoh dapat ditularkan ke semua peserta. [FP UNS]