Sidang Senat Terbuka Dies Natalis UNS ke-39: Laporan Rektor, Penghargaan, hingga MoU Kerja Sama

Drs. Ravik Karsidi,

Rektor UNS sedang menyampaikan Laporan Rektor pada Sidang Senat Terbuka yang diselenggarakan dalam rangka Dies Natalis UNS ke-39.

Sidang Senat Terbuka yang diselenggarakan dalam rangka Dies Natalis UNS ke-39 dengan tema “UNS Berkarya untuk Indonesia” bertempat di auditorium, Rabu (11/3). Ravik selaku ketua senat dalam pertanggung-jawabannya menyampaikan visi UNS 2030, yaitu sebagai pusat pengembangan ilmu, teknologi, dan seni yang unggul di tingkat internasional dengan berlandaskan pada nilai-nilai luhur budaya nasional yang dijabarkan dalam visi operasional UNS tahun 2015-2019, UNS BISA, yang merupa-kan jabaran dari Berbudaya ACTIVE, Internasionalisasi, Sinergi, dan Akselerasi.
“Kami juga sedang menyiapkan pengembangan 3 fakultas baru sebagai tuntutan kebutuhan masyarakat dan perkembangan program studi, yaitu Fakultas Psikologi, Fakultas Keolahragaan, dan Fakultas Kedokteran Hewan dan Ilmu Peternakan,” lanjut Ravik dalam pidato laporan rektor tahun 2014.
Kemudian dilanjutkan dengan orasi ilmiah dengan tema “Peran Universitas sebagai Sumber Inovasi untuk Mendorong Ekonomi Indonesia” yang disampaikan oleh Dr. Eng. Agus Purwanto.
“Saat ini UNS sudah mempunyai beberapa inovasi yang telah dipatenkan dan berpotensi untuk dikembangkan sebagai cikal bakal usaha pembuatan perusahaan rintisan kampus. Salah satunya adalah pengembangan teknologi baterai lithium,” terang Agus.
Pada Sidang Senat Terbuka ini, UNS memberikan penghargaan tertinggi yang bernama Parasamya Anugraha Dharma Krida Baraya kepada Prof. Dr. (HC). Chairul Tanjung sebagai pelopor dan pengembang sociopreneurship di Indonesia.
Dengan menggunakan pakaian guru besar Universitas Airlangga, dalam pidato sambutannya, Chairul Tanjung menekankan bahwa pemahaman pragmatisme dan idealisme harus berjalan seimbang, seperti dua sisi mata uang. “Pragmatisme bisnis yang berorientasi mencari keuntungan sejatinya bisa berjalan beriringan dengan idealisme agar bisnis usaha yang dijalankan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, bangsa, dan negara,” sambung CT—panggilan populernya.
Selain pemberian penghargaan tertinggi kepada Chairul Tanjung, UNS juga memberikan penghargaan kepada 11 Alumni Berprestasi UNS dan 34 dosen yang telah menyelesaikan studi program doktor di dalam negeri maupun luar negeri.
Sidang senat terbuka ini juga menjadi acara penandatanganan kerja sama antara UNS dengan University of South Australia; UNS dengan PT. Seager-Land Unagi Jaya “Seagerland Japan Industrial Network (SeaJIN), Jepang; UNS dengan PT Nipress Tbk; dan UNS dengan Pemerintah Kabupaten Ngawi. [azaria.red.uns.ac.id]