Dies Natalis Ke-39, UNS Jalin Kerja Sama dengan Australia & Jepang

Universitas Sebelas Maret (UNS) menjalin

Penandatanganan MOU Kerjasama dengan University of South Australia (UniSA) dan SEAGERLAND CO. LTD Jepang pada perayaan Dies Natalis ke-39 UNS

, Selasa (11/3). Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) kerja sama bertempat di auditorium bersamaan dengan acara Sidang Senat Terbuka.
Bekerja sama dengan University of South Australia (Uni SA), UNS akan fokus dalam bidang pendidikan yang mencakup kerja sama riset, joint degree, dan joint lecture. Kerja sama UNS dan Uni SA dilakukan dengan tujuan menetapkan syarat artikulasi dan perkembangan mahasiswa UNS terpilih yang mendapat program sarjana Uni SA yang nantinya akan dilakukan di Adelaide, Australia Selatan. Dari pihak Uni SA, MoU ditandatangani oleh Deputy Vice Chancellor dan Vice President: International & Advancement, Nigel Relph. Sedangkan dari UNS, dilakukan oleh Ravik Karsidi selaku Rektor UNS.
Selain menjalin kerja sama di bidang pendidikan, UNS juga mengadakan kerja sama penyediaan ikan sidat dengan SEAGERLAND Company Limited, Jepang. Sebelumnya UNS (khususnya Fakultas MIPA) dan SEAGERLAND Co. Ltd. pernah menandatangani MoU pada tanggal 30 Juli 2013. Dalam MoU tersebut, UNS dan SEAGERLAND Co. Ltd. sepakat untuk mempromosikan dan lebih memperdalam kerja sama antara kedua belah pihak, utamanya tentang ikan sidat. Akhirnya pada Rabu siang (11/3), direktur SEAGERLAND Company Limited menandatangani kerja sama baru tentang kontrak penyediaan ikan sidat sejumlah 8 ton untuk dikirim ke Jepang.
“Penandatanganan MoU kerja sama ini merupakan bentuk kolaborasi internasional yang menjadi bagian penting bagi terwujudnya UNS sebagai World Class University,” tutur Ravik dalam pembacaan laporan sidang senat terbuka.
Selain Australia dan Jepang, UNS juga menandatangani MoU kerjasama dengan PT. NIPRESS Tbk dan pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten Ngawi. Kerja sama yang dilakukan dengan PT. NIPRESS Tbk yaitu tentang pendidikan, pelatihan, penelitian, dan pengembangan teknologi serta pengabdian kepada masyarakat. Sedangkan dengan pemda Kabupaten Ngawi, kerja sama ditujukan pada lahan agrowisata Durian Semar Ngrambe. [afifah.red.uns.ac.id]