Rp 605 Juta Dana PMW UNS 2013

Rp 605 Juta Dana PMW UNS 2013

Dana Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) Universitas Sebelas Maret (UNS) 2013 mendapatkan alokasi sebesar Rp 605 Juta. Hal itu diungkapkan oleh Rektor UNS Prof. Dr. Ravik Karsidi, MS, Rabu (20/3), di Fakultas Pertanian UNS. “Dana tersebut terdiri dari Rp 285 juta dari Biaya Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN) dan Rp 320 juta berasal dari APBN Perubahan 2012,” tutur dia.
Dana sebesar itu, lanjut Ravik, akan diberikan kepada 50 mahasiswa. Masing-masing mahasiswa akan mendapatkan dana antara Rp 5 juta – Rp 10 juta. Dana tersebut dipertimbangkan dari proposal yang diajukan dan usaha yang akan dikerjakan oleh mahasiswa yang mengikuti PMW.
Ia mendukung para mahasiswa untuk berwirausaha, terlebih mengingat bahwa wirausahawan di Indonesia hanya sekitar 4 persen saja. “Adalah hal yang luar biasa, bila umur produktif dapat digunakan untuk berwirausaha,” tandasnya.
Sementara itu, Ketua Pusat Pengembangan Kewirausahaan (PPKwu) Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UNS, Ir. Eddy Triharyanto, MP mengungkapkan bahwa PMW ini terdiri atas beberapa tahap, seperti seleksi administrasi dan bisnis, kemudian pelatihan, dan magang dan sebagainya. “Program tahun ini dimulai pada bulan Maret. Sedang pengucuran dana untuk modal pada bulan Juni 2013 mendatang,” jelasnya.
PMW ini di UNS telah terlaksana sejak 2009, UNS mendapatkan dana hingga Rp 1 miliar bagi 95 mahasiswa. Pada 2010 naik sebesar Rp 1,5 miliar bagi 119 mahasiswa. “Sedang tahun 2013 ini besaran dana memang turun. Besaran dana itu memang kebijakan dari pemerintah pusat,” pungkasnya. [red-uns.ac.id]