Ayo ke Agrotech Fair 2013

Sebagai bentuk kepedulian akan kemajuan pertanian Indonesia, Forum Mahasiswa Agroteknologi (FORMAT) Universitas Sebelas Maret (UNS) adakan Agrotech Fair 2013. Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 1-12 April 2013 ini terdiri dari Caping Tani, Seminar dan Kunjungan, Lomba Karya Tulis Ilmiah, Plasma dan Agrotech Night.

Semenanjung (Seminar dan Kunjungan)
Seminar Nasional yang mengambil tema “Kewirausahaan dan Sumber Daya” akan diselenggarakan pada Kamis, 18 April 2013, bertempat di Auditorium UNS. Seminar ini menghadirkan pembicara Mr. Tung Desem Waringin, Pengarang Buku “Financial Revolution” dan pengarang buku “Marketing Revolution”, dan juga pembicara/pelatih terbaik di Indonesia (versi majalah marketing).
Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan semangat wirausaha pada mahasiswa serta masyarakat umum, serta membuka wawasan tentang realita wirausaha di masa kini dan meningkatkan daya saing mahasiswa.

Caping Tani
Caping Tani menjadi kegiatan yang mendekatkan mahasiswa dengan petani inovatif se-Indonesia. Dikemas dalam konsep talkshow, kegiatan ini mengambil tema “Dilema Pertanian Organik untuk Mewujudkan Pertanian yang Berkelanjutan”. Kegiatan yang akan berlangsung pada Selasa, 16 April 2013 Aula Fakultas Pertanian UNS ini turut mengundang stakeholder pertanian sebagai narasumber seperti kementrian pertanian, pengusaha pertanian, akademisi dan delegasi petani dari 35 kabupaten se-Jawa Tengah.
Mengupas tuntas permasalahan dalam penerapan konsep pertanian organik serta permasalahan petani dalam hal pengolahan dan pemasaran produk pertanian, diharapkan melalui kegiatan ini akan menemukan pemecahan masalah yang dihadapi pertanian Indonesia saat ini.

Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI)
Bertujuan mengembangkan kreatifitas mahasiswa khususnya di bidang keilmiahan dan menumbuhkan minat menulis di kalangan mahasiswa, Lomba Karya Tulis Ilmiah hadir dengan mengambil tema “Bioteknologi untuk Kehidupan”.
Untuk Pendaftaran dan Pengumpulan Karya sampai dengan 24 Maret 2013. Kemudian untuk Seleksi Karya 17 Maret – 31 Maret 2013. Pengumuman Finalis pada tanggal 3 April 2013. Tiga karya terbaik akan diundang untuk babak grandfinal dan diwajibkan untuk hadir mempresentasikan karyanya di depan Dewan Juri pada tanggal 17 April 2013, bertempat di Ruang Sidang Fakultas Pertanian UNS.

Pekan Olahraga & Seni Mahasiswa (Plasma)
FORMAT adakan pula Pekan Olahraga dan Seni Mahasiswa (Plasma). Kegiatan yang mengambil tema “Mens Sana In Corpore Sano” ini dilaksanakan pada Senin-Jum’at, 8-12 April dan Senin-Kamis, 15-18 April 2013 bertempat di Fakultas Pertanian UNS. Dikhususkan untuk mahasiswa Agroteknologi, kegiatan ini terdiri dari Lomba Futsal, Basket, Voli, Olahraga Tradisonal, Akustik, Debat dan Bazar.

Agrotech Night
Agrotech Night menjadi pentas seni persembahan Agroteknologi untuk Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret, sekaligus menjadi malam puncak dari serangkaian Agrotech’s Fair 2013. Bertemakan “Bercocok Tanam di Luar Angkasa” kegiatan ini dilaksanakan pada Jum’at, 19 April 2013 di Fakultas Pertanian UNS. [Bagian MAWA UNS].