UNS Angkat Dosen Luar Biasa

Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Prof. Dr. Ravik Karsidi, MS menyatakan pihaknya bakal mengangkat dosen luar guna memenuhi kebutuhan tenaga pengajar. Hasil seleksi penerimaan dosen UNS Non-PNS menyatakan 99 orang diterima dari 133 yang dibutuhkan.
Ravik menjelaskan bahwa, kebijakan tersebut ditempuh karena adanya moratorium dosen Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan pembatasan Perguruan Tinggi (PT) untuk merekrut dosen baru. “Moratorium itu membatasi kami. Sehingga kami berencana mengangkat dosen yang profesionnal dan berpengalaman. Kami tawarkan untuk menjadi dosen luar biasa. Tentunya dengan catatan kualifikasi yang bagus,” tutur Ravik Karsidi di Fakultas Pertanian (FP) UNS pada hari Sabtu, 26 Januari 2013.
Secara terpisah, Pembantu Rektor II UNS Prof. Dr. Jamal Wiwoho, SH. MHum, mengungkapkan, dari 133 kuota yang dibutuhkan UNS, hanya 99 pelamar yang diterima sebagai dosen tetap UNS Non-PNS. Sisanya, sebanyak 34 formasi, dibiarkan kosong untuk sementara sebab tidak satupun pelamar yang memenuhi persyaratan untuk diterima.
Sejumlah dosen yang diterima itu tersebar 8 fakultas, meliputi: 11 orang di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), 11 orang di Fakultas Sastra dan Seni Rupa (FSSR), 5 orang di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), dan 16 orang di Fakultas Ekonomi (FE). Ditambah lagi, 4 orang di Fakultas Hukum (FH), 8 orang di Fakultas Teknik (FT), 30 di Fakultas Kedokteran (FK), 2 orang di Fakultas Pertanian (FP), 12 orang di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). [red.uns.ac.id]