Pelatihan ESQ bagi Mahasiswa Program D3 FMIPA UNS

Sebanyak 200 mahasiswa baru Program Studi D3 FMIPA UNS mengikuti Pelatihan Emotional and Spiritual Quotient (ESQ). Pelatihan diadakan pada hari Sabtu, 20 Oktober 2012 bertempat di Aula Gedung B berlangsung selama sehari penuh dimulai pukul 08.00 WIB.

Diharapkan setelah mengikuti acara ini mahasiswa akan menjadi pribadi yang tangguh, yang tidak mudah menyerah meskipun dengan modal yang terbatas. “Pelatihan ini bukan sekedar teori yang dihafalkan, namun harus dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari,” demikian disampaikan PD III FMIPA, Drs. Sutrima, M.Si pada sambutan pembukaan pelatihan.

Kebanyakan orang berapologi dengan kondisi terbatas untuk malas atau tidak mau berbuat apa-apa. Menyerah pada keadaan, mengalah terhadap masalah, lari dari tanggung jawab dan sebagainya. Ketika gagal ia menyalahkan keadaan dan tidak instropeksi. Kita sukses bila berani mengubah cara berfikir. Sesungguhnya di tengah keterbatasan itu ada kekuatan dahsyat yang bisa kita luar biasakan. Demikian inti dari pelatihan ESQ yang disampaikan oleh tim dari Zero to Hero Training, Solikhin Abu Izzuddin.

Meluarbiasakan diri berarti memiliki cara berbeda dari umumnya manusia dalam menyikapi dunia. Ia melihat bukan hanya dengan mata, tapi dengan hati dan nurani. Pandangan jauh ke depan, orientasinya menembus jauh jangkauan. Cita-citanya tinggi menjulang, langkahnya tegar, kerjanya besar, tak mudah lelah, tak gampang menyerah tak miskin gairah. Acara diakhiri dengan berjabat tangan antar peserta dan foto bersama. (Humas Fakultas MIPA UNS).