UNS Solo Buka Program Beasiswa untuk Mahasiswa Asing

Universitas Sebelas Maret (UNS Solo) berencana akan membuka Program Beasiswa bagi mahasiswa asing yang akan melanjutkan studi di UNS Solo. Beasiswa tersebut akan dilaksanakan mulai tahun 2013 dengan kuota awal berjumlah 25 mahasiswa.

Demikian ungkap Kepala International Office (IO) UNS Solo Taufiq Al Makmun, saat ditemui di Kantor Humas dan Kerjasama UNS Solo pada hari Kamis, 27 September 2012. Dia menjelaskan, ketertarikan mahasiswa asing untuk melakukan studi di UNS meningkat setiap tahunnya.

Hal itu tampak pada banyaknya jumlah mahasiswa asing yang mengikuti Orientation Week yang digelar IO pada hari Senin, 24 September 2012 yang berjumlah 66 orang. Dari jumlah tersebut, lanjutnya, sebanyak 28 mahasiswa berasal dari Libia dengan mengikuti Program Swadana. “Mereka ke sini menggunakan Program Swadana. Jadi semua biaya baik untuk kuliah maupun untuk tinggal di Solo menggunakan dana mereka sendiri. Lalu, untuk Swadana ditambah lagi dua mahasiswa dari Yaman dan Timor Leste,” kata laki-laki yang akrab disapa Taufiq itu.

Kendati demikian, jumlah tersebut masih akan bertambah lagi hingga 47 mahasiswa. Sebagian mahasiswa asing yang belum terdaftar masih menyelesaikan beberapa proses seperti keimigrasian. “Sebagian dari mereka masih ngurus keimigrasian,” terangya.

Selain itu, beberapa mahasiswa dengan program beasiswa juga hadir dalam acara itu. Taufiq menyebutkan, ada 10 mahasiswa asing yang mendapatkan beasiswa khusus untuk negara berkembang. Mereka berasal dari Bangladesh, China, Ethiopia, Madagaskar, Thailand, Kenya, Tanzania, dan Vietnam. “Untuk mahasiswa program beasiswa ini studi mereka tersebar di beberapa prodi pada Program S2,” papar Taufiq.

Taufiq menambahkan, masih terdapat beberapa beasiswa lain yang diikuti oleh mahasiswa asing tersebut, seperti: Islamic Development Bank (IDB) 4 orang (2 dari Kamboja, 1 dari Vietnam, 1 dari Vanuatu); Malaysia Indonesia Thailand (MIT) 11 orang (8 dari Malaysia, 3 dari Vietnam); Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) 2 orang (1 dari Polandia, 1 dari Venezuela), dan Darmasiswa 9 orang (2 dari China, 2 dari Polandia, 1 dari Ukraina, 1 dari Thailand, 1 dari Portugal, 1 dari Ceko, 1 dari Belgia).

Diinformasikan Taufiq, jumlah mahasiswa asing yang studi di UNS sebanyak 142 orang. Jumlah itu sudah termasuk yang terdaftar tahun ini dan yang sudah lulus. (Tim Web UNS).