Rektor: Kembangkan Terus Softskill

Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Prof. Dr. Ravik Karsidi, MS. menandaskan lulusan UNS harus terus mengembangkan softskill. Menurutnya, kecakapan-kecapakan softskill tersebut akan memberikan nilai tambah bagi diri sesorang dalam menghadapi persaingan.

“Kemampuan seperti berkomunikasi, sopan santun, bagaimana berhubungan dengan kolega, atasan, bawahan, dan penguasaan ICT harus terus dikembangkan. Itu akan memberikan nilai tambah bagi saudara-saudara sekalian untuk menghadapi persaingan,” kata Ravik, saat menyampaikan sambutannya dalam acara Wisuda Periode I Tahun Akademik 2012/2013 pada hari Kamis, 27 September 2012 di Auditorium UNS.

Ravik menjelaskan, ukuran kompetensi dan pekerjaan untuk lulusan Diploma berada pada level 5 berdasarkan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Dengan posisi itu, lulusan Diploma akan mungkin sekali untuk menjadi atasan dan bawahan dalam sebuah profesi. “Selain itu, masa tunggu lulusan UNS sekarang kurang dari 6 bulan. Jadi sebelum 6 bulan alumni UNS sudah mendapatkan pekerjaan,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Pembantu Rektor I UNS Prof. Drs. Sutarno, M.Sc., Ph.D., dalam rilisnya melaporkan jumlah lulusan yang diwisuda sebanyak 1.610 orang. Secara rinci, jumlah itu terdiri atas: Program Diploma IV (D-IV) berjumlah 137 orang yang diikuti oleh 93 orang dari Program Studi (Prodi) Kebidanan dan 44 orang dari Prodi Kesehatan Kerja.

Jumlah itu ditambah wisudawan dari Program Diploma III (D-III) sebanyak 1.473 orang dengan rincian: Fakultas Sastra dan Seni Rupa (FSSR) 139 orang, Fakultas Ekonomi (FE) 425 orang, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) 326 orang, Fakultas Kedokteran (FK) 148 orang, Fakultas Teknik (FT) 128 orang, Fakultas Pertanian (FP) 121 orang, dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) 186 orang.

“Karena gedung tempat pelaksanaan wisuda tidak mampu menampung wisudawan sejumlah tersebut, maka pewisudaan dilaksanaan dua kali yaitu pagi hari ini dimulai pukul 08.00 dengan jumlah peserta wisuda 872 orang dan siang nanti dimulai pukul 11.00 dengan jumlah wisudawan 738 orang,” tulis Sutarno.

Dia menambahkan, jumlah wisudawan yang lulus dengan predikat cumlaude atau dengan pujian berjumlah 146 orang. Sedangkan jumlah lulusan Program Diploma IV dan Program Diploma III UNS Solo sejak berdirinya adalah 19.200 alumni dengan rincian: Program D-IV 668 orang dan Program D-III 18.532 orang. (red-uns.ac.id).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Skip to toolbar