UKM Bola-Basket UNS

Akan Selenggarakan Anfak 2012

Anfak (Antar Fakultas) merupakan turnamen basket antar fakultas yang merupakan agenda tahunan di UNS. Untuk periode kepengurusan Bagus Adrian John (EP 2010) dan Pembina Prof. Dr. Adi Sulistiyono, S.H,M.H., Anfak diselenggarakan oleh UKM Bola-Basket (UBB) UNS, yang sebelumnya oleh undian fakultas. Anfak tahun ini akan digelar mulai 1-7 April 2012 di GOR UNS, pesertanya mewakili fakultas dan memperebutkan Piala Rektor UNS

“Untuk menjadi peserta anfak ada syarat-syarat yang harus dipenuhi antara lain, IPK (Indeks Prestasi Komulatif) harus lebih dari 2,00 dibuktikan dengan KHS (Kartu Hasil Studi), aktif kuliah, menunjukkan kartu mahasiswa, kelahiran maksimal 1989.” tutur ketua pelaksana, Elifas Omega Yusufadisyukur (AGB 2010).

Mahasiswa yang akrab disapa Yoga juga mengungkapkan, selain untuk mencari bibit unggul, Anfak juga dimaksudkan sebagai ajang silaturahim tim basket tiap-tiap fakultas, serta bertujuan agar UNS berjaya di perbasketan tingkat nasional. ”Kendala dalam menyelenggarakan Anfak tahun ini adalah masalah dana, kami membutuhkan dana sekitar 23 juta, tetapi Alhamdulillah yang disetujui baru 2,5 juta. Namun dengan kerja keras panitia yang kompak dan doa, Insyallah kami dapat memenuhi semua itu, ”kata Yoga.

Yoga juga manambahkan, dalam sehari akan digelar empat pertandingan, yaitu jam 10.00-12.00, 13.00-15.00, 16.00-18.00, serta jam 19.00-21.00, semua persiapan sudah hampir selesai surat sudah komplit, proposal sudah disebar, surat ijin dari mawa juga sudah ada.

”Anfak kali ini akan terasa lebih spesial sebab selain memperebutkan juara 1, 2, 3 juga memperebutkan juara best position yang terdiri dari 5 posisi dalam basket, yaitu point guard, shooting guard, small forward, power forward, dan center. Dan ada juga penghargaan Best Supporter untuk suporter yang paling aktif ”ungkap Yoga.

Tahun lalu yang keluar sebagai pemenang untuk tim putra diraih oleh tim basket POK, setelah berhasil mengalahkan tim basket ekonomi di final, sedangkan tim putri berhasil direbut dari tim basket FISIP.

Yoga menuturkan, semoga dengan adanya Anfak animo basket di UNS semakin tumbuh, serta dapat ditemukan bibit-bibit pemain yang berbakat.  [Tri Yuliyani]