SOSIOLOGI FISIP UNS ADAKAN SEMINAR NASIONAL

Krisis perkotaan akan terjadi manakala lembaga dan mekanisme sosial di kota sudah tidak mempunyai kapasitas yang cukup atau berkurang untuk mengakomodasi perubahan baik di tingkat lokal, nasional maupun internasional.
Krisis perkotaan ini juga menyebabkan kesenjangan dalam proses perubahan yang ada dan pada akhirnya mengakibatkan krisis di tingkat sistem, kepribadian dan perilaku masyarakat. Guna menjawab adanya berbagai krisis tersebut, mahasiswa Sosiologi Perkotaan Angkatan 2007 menyelenggarakan Seminar Nasional dengan judul “Urban Audit by Urban Crisis” yang dilaksanakan pada hari Rabu, 23 Desember 2009, bertempat di Aula FISIP UNS, Gedung 1 lantai 2, Jl. Ir. Sutami No. 36A Kentingan Surakarta mulai pukul 08.00 – 12.00 WIB dengan menghadirkan pembicara: 1) Dr. Linda Darjanti Ibrahim (Dosen UI); 2) Pemkot Surakarta dengan mengambil tema masing-masing tentang “Krisis Perkotaan” dan “Perkembangan Kota Surakarta Saat Ini dan Rencana Pembangunan ke Depan”. Selain itu juga disajikan presentasi hasil penelitian mengenai krisis perkotaan di Kota Surakarta dengan menggunakan Teori Urban Life Manifesto oleh Tim Mahasiswa Sosiologi Perkotaan Angkatan 2007.
Tujuan diselenggarakannya kegiatan se-minar ini adalah untuk menumbuhkembangkan semangat memiliki Kota Surakarta beserta kehidupan masyarakatnya serta sebagai wahana pembelajaran guna mengetahui berbagai krisis yang mulai berkembang di Kota Surakarta dan solusi yang digunakan sebagai pencegah krisis di masa-masa selanjutnya.
(Humas FISIP UNS).