INFORMASI BEASISWA DAN HABIBIE AWARD

1. Beasiswa S3: Yayasan Sumber Daya Manusia dalam Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Yayasan SDM-IPTEK) memberi kesempatan kepada putera-puteri Indonesia yang memenuhi syarat untuk memperoleh beasiswa pendidikan S-3 di dalam negeri. Bidang-bidang keilmuan yang dapat memperoleh beasiswa adalah:

  • Ilmu Dasar
  • Ilmu Kedokteran dan Bioteknologi
  • Ilmu Rekayasa
  • Ilmu Sosial, Ekonomi, Politik, Hukum
  • Ilmu Filsafat, Agama dan Kebudayaan.

Persyaratan:

  1. umur tidak lebih dari 35 tahun
  2. belum mendapat beasiswa dari lembaga/instansi lain dengan disertai Surat Keterangan dari Pascasarjana dan DIKTI
  3. dapat atau telah diterima pada program studi S-3 di Universitas/Institut dalam negeri yang diakui/diakreditasi oleh Pemerintah Indonesia
  4. selama Pendidikan S-2 memperoleh predikat Cumlaude atau termasuk lima persen terbaik untuk setiap angkatan dalam jurusan di perguruan tinggi yang bersangkutan
  5. dinilai berprestasi dan menghasilkan karya ilmiah yang bermanfaat bagi kemajuan IPTEK
  6. mendapat rekomendasi dari Tokoh-tokoh IPTEK yang dikenal luas reputasinya di bidang yang bersangkutan
  7. memiliki bakat kepemimpinan dalam IPTEK, berdedikasi, dan mempunyai integritas yang tinggi.

Peminat agar mengajukan permohonan tertulis kepada Yayasan SDM-IPTEK dengan menggunakan formulir yang disediakan di Bagian Kerjasama UNS atau download melalui website: http://www.habibiecenter.or.id. Pendaftaran setiap tahun ditutup tanggal 21 April dan 21 Oktober, pengumuman penerima beasiswa dapat dilihat melalui website di atas pada bulan Mei dan November. Seleksi akademik calon dilakukan oleh Panitia Seleksi yang dibentuk Yayasan SDM-IPTEK.

2. Habibie Award: Yayasan SDM-IPTEK adalah sebuah yayasan yang bergerak dalam bidang pembinaan dan pengembangan SDM melalui pemberian beasiswa pendidikan S-3 dan Penghargaan Karya Iptek Habibie Award. Penghargaan diberikan kepada perseorangan yang aktif dan sangat berjasa dalam penemuan, pengembangan dan penyebarluasan berbagai kegiatan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang baru (inovative) serta bermanfaat secara berarti (significant) bagi peningkatan kesejahteraan, keadilan dan perdamaian. Penghargaan diberikan setahun sekali setiap tanggal 10 Agustus bertepatan dengan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (HAKTEKNAS). Bidang keilmuan yang diberikan penghargaan yaitu:

  • Ilmu Dasar
  • Ilmu Kedokteran dan Bioteknologi
  • Ilmu Rekayasa
  • Ilmu Sosial, Ekonomi, Politik, Hukum
  • Ilmu Filsafat, Agama dan Kebudayaan.

Penghargaan diberikan dalam bentuk Medali, Piagam dan Cheque senilai US$ 25,000.

Adapun prosedur pengusulan atau nominasi dilakukan dengan cara mengajukan nama calon kepada Pengurus Yayasan SDM-IPTEK paling lambat 5 Juli 2010; dengan melampirkan riwayat hidup dan mengisi formulir khusus yang disediakan melalui website: http://www.habibiecenter.or.id berisi keterangan mengenai prestasi dan jasa-jasa yang bersangkutan di bidang Iptek. Panitia Penghargaan adalah para pakar yang ditunjuk melalui SK Yayasan.

Untuk informasi lebih lanjut hubungi:

Gedung The Habibie Center

Jl. Kemang Selatan No. 98, Jakarta Selatan

telepon: 021-7817211 (hunting)

fax: 021-7817212

atau

email: sdmiptek@habibiecenter.or.id atau website di atas.

(Bagian Kerjasama UNS).