UNS TUTUP JALUR PMDK SWADANA

Universitas Sebelas Maret (UNS-Solo) mulai tahun 2010 tidak lagi menerima calon mahasiswa baru yang diseleksi melalui jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK) Swadana. Pada tahun 2010 telah dipanggil sebanyak sekitar 1.300 sekolah untuk mengikuti seleksi PMDK yang pendaftarannya ditutup 29 Januari 2010.
Pada hari Selasa, 12 Januari 2010 Ketua Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) UNS (Prof. Dr. Ravik Karsidi, M.S.) menjelaskan bahwa terdapat perubahan cukup esensial mengenai prosedur pendaftaran, yakni sekolah dapat mendaftarkan siswanya sebagai peserta PMDK UNS apabila pihak sekolah telah memasukkan Data Kualitas Sekolah (DKS) melalui internet di situs http://www.spmb.uns.ac.id dengan menggunakan password yang telah dikirim oleh UNS ke sekolah.
Pada tahun 2010, UNS akan memberikan beasiswa bagi 400 mahasiswa baru dari keluarga tidak mampu, dengan besaran dana Rp. 5 juta/mahasiswa/semester. Program beasiswa tersebut merupakan program Ditjen Dikti yang disebut dengan Program Beasiswa Bidik Misi.
Penjaringan peserta program Beasiswa Bidik Misi ini akan dilakukan melalui 3 (tiga) proses tahapan, yakni jalur PMDK (Prestasi Akademik, POR/Seni dan Prestasi Khusus), jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan SPMB Program Diploma. Sasaran beasiswa Bidik Misi adalah lulusan jenjang pendidikan menengah, seperti SMA/SMK/MA/MAK. (Bagian Sistem Informasi).