INDONESIA MATHEMATICA® TOUR 2011

Dalam rangka Indonesia Mathematica® Tour 2011 Wolfram Research, Inc. USA bekerjasama dengan  Jurus-an Matematika FMIPA UNS didukung oleh International Office UNS dan Laboratorium Komputasi FMIPA UNS mengadakan Workshop untuk memperkenalkan software aplikasi Mathematica ver. 8.00. Kegiatan telah dilaksana-kan Senin, 31 Oktober 2011 bertempat di Ruang Aula Gedung B FMIPA UNS yang dihadiri oleh sekitar 200 peserta perwakilan dari beberapa Perguruan Tinggi baik Negeri maupun Swasta.

Acara diawali dengan sambutan Ketua Jurusan Matematika FMIPA UNS, dilanjutkan dengan sambutan Dekan FMIPA UNS Ir. Ari Handono Ramelan, M.Sc, Ph.D dan sekaligus membuka secara resmi kegiatan tersebut. Materi disampaikan oleh Dr. Paritosh Mokhasi dan Kim Scriefer dari Wolfram Research Inc. USA, yang meliputi:

  1. What is Mathematica
  2. One integrate system built in function
  3. Mathematica advantage: speed, seamless connectivity, access to various data format, ease of deployment, integrated platform
  4. Mathematica The Numerical Engine
  5. Mathematica The Symbolic Engine
  6. Seamless Dynamic Interactivity-The Use of Manipulate
  7. Flexible Programming Constrac
  8. Examples in Specific Areas
  9. Model Fitting and Regression
  10. Solving Algebraic Equations
  11. Integration and Differentiation
  12. Solving Differential Equation
  13. Visualizations of Mathematica
  14. Image Processing
  15. Data Analysis
  16. Control Systems.

Acara berlangsung sangat singkat karena keterbatasan waktu Pemateri, sehingga sesi tanya jawab tidak bisa dilaksanakan. Namun demikian informasi yang disampaikan oleh tim Wolfram sangat bermanfaat untuk meperkenalkan software aplikasi Mathematica ver. 8.00 dan penggunaannya bagi beberapa disiplin ilmu.

(F.MIPA UNS).