KEGIATAN KOPMA UNS

Koperasi Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (KOPMA UNS) telah menggelar berbagai kegiatan pada tanggal 5-7 Oktober 2011, antara lain:

I. Pembubaran Magang Periode I Tahun 2011: kegiatan magang yang diawali dengan pelatihan dan pengkaderan anggota Kopma UNS angkatan CBT 29 ini berlangsung mulai tanggal 6 September – 5 Oktober 2011 diikuti oleh 26 peserta yang menjalani program dalam bidangnya masing-masing pada kepengurusan Kopma UNS, antara lain: Administrasi Keuangan, Public Relations, Usaha, PSDA, Personalia serta Pengawas. Mereka dibekali pengetahuan tentang bidang masing-masing dengan metode sharing, tanya jawab dan membaca materi serta ikut praktik langsung di lapangan bersama dengan kepala bidang ataupun asisten bidang yang berwenang. Rangkaian acara magang tersebut diakhiri dengan pembuatan laporan hasil magang yang dikumpulkan dalam bentuk hardfile maupun softfile kepada Ketua Bidang PSDA. Pada tanggal 5 Oktober 2011 penutupan magang 2011 dilaksanakan di taman depan Kopma UNS dengan penetapan 3 peserta magang terbaik.

II. Kunjungan Koperasi Balikpapan: Pada hari Kamis, 6 Oktober 2011 sebanyak 7 orang peserta magang yang berasal dari gerakan Koperasi Balikpapan memenuhi ruang tamu KOPMA UNS. Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Surakarta, Nur Haryani, S.E, M.M. dan Kepala Bidang Koperasi dan UMM Balikpapan turut serta mendampingi peserta magang dari berbagai perwakilan Koperasi se-Balikpapan, antara lain dari: 1) Disperindagkop; 2) Koperasi Niaga Jaya; 3) KSU Rombang Balikpapan; 4) STIE Balikpapan BPP Kalimantan Timur; 5) KSU Anggrek Indah; 6) Koperasi Teratai dan 7) Koperasi Lumba-Lumba. Berdasar-kan surat dari dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Pemerintah Kota Balikpapan Nomor: 518/594/ DPPK-IV/KOP/IX/2011 tanggal 30 September 2011 dijelaskan bahwa kegiatan magang dari Balikpapan akan dilaksanakan pada tanggal 4-8 Oktober 2011 dan KOPMA UNS menjadi salah satu tempat pelaksanaan kegiatan magang tersebut. Acara di awali dengan perkenalan dan pemaparan unit-unit usaha beserta ruang lingkup KOPMA UNS. Acara kemudian dilanjutkan dengan diskusi ringan dan sharing bersama. De-ngan kegiatan ini diharapkan bisa menambah wawasan me-ngenai perkoperasian dan dapat terjalin komunikasi yang baik antara KOPMA UNS dengan koperasi-koperasi se-Balikpapan serta berguna untuk perkembangan Koperasi kedepannya.

III. Pelatihan Karyawan: Untuk meningkatkan mutu dan kualitas para karyawan, KOPMA UNS telah mengadakan pelatihan bertema “Excellent Service” pada hari Jumat,          7 Oktober 2011 mulai pukul 07.00 – 10.00 WIB. Pelatihan yang menjadi program bidang personalia ini menghadirkan pembicara dari Universitas Slamet Riyadi, Suharno. Acara disambut antusias oleh 18 karyawan yang hadir, terbukti dengan keaktifan mereka dalam sesi tanya jawab dan memberi saran ataupun kritik di akhir acara. Inti acaranya adalah membekali para karyawan tentang pentingnya mengejar prestasi kerja dengan landasan spiritual, emotional dan intelligence quotion yang menekankan bahwa bekerja adalah untuk Tuhan dan ikhlas dalam melayani. Diharapkan semangat dan kualitas kerja karyawan meningkat sehingga menghasilkan kualitas kerja yang lebih baik.

(Kopma UNS).