FAKULTAS HUKUM UNS ADAKAN SEMINAR NASIONAL HUKUM ISLAM

Forum Silaturahmi Mahasiswa Islam (FOSMI) Fakultas Hukum UNS pada hari Sabtu, 23 September 2011 telah menyelenggarakan Seminar Nasional tentang Komparasi Hukum Islam dengan Hukum Barat dalam Penegakan Hak Asasi Manusia.

Kegiatan dibuka oleh Dekan Fak. Hukum UNS Prof. Dr. Hartiwiningsih, S.H, M.Hum., dengan pembicara:

  1. Prof. Dr. H. Eman Suparman, S.H, M.H. (Ketua Komisi Yudisial RI) dengan materi “Peran Hakim Dalam Penegakan Hak Asasi Manusia dari Perspektif Komisi Yudisial”
  2. H.M. Kabul Supriyadie, S.H, M.Hum. (Komisi Nasional Hak Asasi Manusia) dengan materi “Mekanisme Penegakan HAM Internasional dan Nasional”
  3. Burhanudin Harahap, S.H, M.H, M.Si, Ph.D (Dosen Fakultas Hukum UNS) dengan materi “Hukum dan Hak Asasi Manusia dalam Islam”.

Kegiatan yang bertempat di Ruang Sidang Gedung III Fakultas Hukum UNS dihadiri oleh mahasiswa, unsur akademisi, instansi terkait, masyarakat umum, serta perwakilan dari sekolah-sekolah yang berada di wilayah Surakarta.

Tujuan seminar nasional ini adalah:

  1. meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Allah SWT
  2. meningkatkan wawasan mahasiswa dan masyarakat mengenai penegakan HAM
  3. meningkatkan pemahaman mahasiswa dan masyarakat mengenai penegakan HAM dari sudut pandang Hukum Islam dan Hukum Barat
  4. menambah pemahaman mahasiswa dan masyarakat dalam khasanah ilmu agama
  5. membangun rasa persaudaraan atau mempererat silaturahim dengan sesama umat Islam sebagai salah satu upaya meningkatkan daya kritis mahasiswa dan masyarakat untuk membangun pola pikir yang solutif terhadap problematika HAM saat ini
  6. menyamakan visi dan misi dengan masyarakat terhadap problematika HAM sehingga dapat dicari solusi yang sesuai.

(Humas Fak. Hukum UNS).