LPPM UNS ROADSHOW KE PACITAN

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UNS telah melakukan roadshow ke Kabupaten Pacitan pada hari Kamis, 22 September 2011. Ada 2 (dua) lokasi yang menjadi tempat implementasi hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dari LPPM UNS, yaitu:

  1. Koperasi Wanita Batik Puri di Ngadirojo yang merupakan Usaha Kecil Menengah (UKM) untuk batik khas Pacitan
  2. Pertunjukan Wayang Beber.

Tim LPPM UNS juga menyumbangkan sejumlah peralatan untuk membantu pengembangan usaha di Batik Puri dengan memberikan tiga alat untuk pewarnaan batik dan 10 desain motif batik dengan ciri khas Pacitan. Ketua Tim Pengabdian kepada Masyarakat LPPM UNS, Sarah Rum Handayani berharap bantuan tersebut dapat dikembangkan dengan baik oleh UKM.

Pelestarian Wayang Beber diupayakan dengan mengintegrasikan wayang ke dalam desain batik. Salah satu anggota tim peneliti dari Pusat Penelitian dan Pengembangan Pariwisata (Puspari) LPPM UNS, Dr. Warto, M.Hum. mengatakan selain batik, pelestarian wayang beber bisa dikembangkan dengan seni tari, sinetron dan cinderamata. Ketua LPPM UNS, Prof. Dr. Sunardi, M.Sc. mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan agenda rutin setiap tahun dari hasil penelitian LPPM UNS.

(LPPM UNS).