BEASISWA S-2/S-3 LUAR NEGERI DITJEN DIKTI 2012

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi melalui Direktorat Pendidik dan Tenaga Kependidikan sebagaimana tersebut dalam surat nomor: 1894/E4.4/2011 tanggal 21 Juli 2011 kembali membuka pendaftaran beasiswa S-2/S-3 luar negeri gelombang 7 termasuk program beasiswa Debt Swap untuk alokasi tahun 2012. Program ini sebagai upaya untuk meningkatkan kualifikasi dosen yang diperuntukkan bagi dosen tetap di lingkungan Kementerian Pendidikan Nasional yang sudah memiliki NIDN dan diutamakan untuk program S-3 (PhD).

Ketentuan dan persyaratan untuk kelengkapan bagi calon penerima beasiswa S-2/S-3 luar negeri dapat dilihat dalam pedoman program beasiswa pendidikan S-2/S-3 luar negeri Ditjen Dikti melalui laman http://studi.dikti.go.id. Dosen yang berminat dapat melakukan pendaftaran secara online melalui http://beasiswa.dikti.go.id mulai tanggal 25 Juli – 15 Oktober 2011. Melalui pendaftaran secara online tersebut, setiap pendaftar akan memperoleh nomor registrasi online.

Setelah itu pelamar harus mengirimkan berkas-berkas lamaran berupa:

  1. nomor registrasi online
  2. surat pengantar Rektor
  3. form A Dikti
  4. letter of acceptance dari perguruan tinggi yang terakreditasi
  5. kopi ijazah S-1 bagi pelamar jenjang S-2 dan ijazah S-2 bagi pelamar jenjang S-3
  6. bukti kemampuan berbahasa Inggris (TOEFL/IELTS), Jerman, Perancis, Jepang atau bahasa lain, sesuai dengan negara tempat perguruan tinggi yang dituju (tidak lebih dari 2 tahun terakhir)
  7. surat rekomendasi (3 buah)
  8. proposal penelitian.

Seluruh berkas dimasukkan dalam map warna hijau dengan menuliskan nama, alamat, serta nomor registrasi online, dan dikirimkan ke alamat:

Direktorat Pendidik dan Tenaga Kependidikan

Ditjen Pendidikan Tinggi

Kementerian Pendidikan Nasional

Gedung D lantai 5

Jl. Jenderal Soedirman, Pintu I Senayan Jakarta.

Berkas paling lambat diterima tanggal 31 Oktober 2011 pukul 15.00 WIB. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat disampaikan melalui email: blndikti@dikti.go.id atau telepon ke 021-57946087.

(FKIP UNS).