FKIP UNS RINTIS PENDIDIKAN GURU BERTARAF INTERNASIONAL

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNS sedang melakukan perintisan Pendidikan Guru MIPA Bertaraf Internasional (PG MIPA BI). Karena itu, FKIP UNS masih berupaya untuk bisa menjalin kerja sama dengan luar negeri.

Menurut Pembantu Dekan I FKIP UNS, Prof. Dr. Rer. Nat. Sajidan, M.Si. bahwa ada beberapa hal yang harus dipersiapkan, mulai dari mahasiswa, proses pembelajaran, hingga prospek penempatan kerja setelah lulus. PG MIPA BI sejak awal harus didesain secara berkualitas, misalnya mahasiswa yang akan masuk PG MIPA BI harus diseleksi secara ketat. Hal ini penting agar mendapatkan mahasiswa cerdas dan berkualitas, mampu menyesuaikan dengan proses pembelajaran dalam fakultas bertaraf internasional tersebut.

Selain itu, FKIP UNS juga harus mempertimbangkan tentang penempatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) mahasiswa. Nantinya mahasiswa harus PPL di sekolah Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) atau Sekolah Bertaraf Internasional (SBI), karena mahasiswa PG MIPA BI ke depannya setelah lulus, mempunyai prospek mengajar di luar negeri.

Perintisan ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan kompetensi kualitas guru dalam era kompetitif saat ini, sehingga bisa menjadi media untuk mendapatkan guru berkualitas, yang mampu menyesuaikan dengan pembelajaran internasional dan merupakan bagian dari peningkatan kompetensi guru.

(Bagian Sistem Informasi UNS).