FISIP UNS GELAR SEMINAR ILMIAH

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sebelas Maret (UNS-Solo) telah menyelenggarakan seminar ilmiah hubungan internasional pada hari Rabu, 15 Juni 2011 mulai pukul 09.00 WIB di Ruang Seminar FISIP UNS. Tema seminar adalah “Gerakan Rakyat untuk Perubahan: Perkembangan Politik Domestik Mesir dan Negara-Negara Timur Tengah Lainnya (Pembelajaran dari Timur Tengah)”, dengan menghadirkan pembicara Duta Besar (Dubes) RI untuk Mesir, AM Fachir.

Menurut Ketua Pelaksana kegiatan, Prof. Drs. Totok Sarsito, SU, MA, PhD seminar ini merupakan pengembangan jalinan kerja sama antara FISIP UNS dengan Kementerian Luar Negeri RI khususnya Kedutaan Besar RI di luar negeri. Seminar ini dimaksudkan sebagai upaya FISIP UNS untuk mendukung upaya UNS dalam pengembangan mutu pendidikan dan menuju world class university.

Seminar ilmiah hubungan internasional mencoba mengelaborasi berbagai fakta di lapangan berdasarkan pengalaman pembicara sebagai Duta Besar RI untuk Mesir. Latar belakang penyelenggaraannya adalah bahwa untuk mengkaji fenomena menarik tentang kondisi perpolitikan dalam negeri Mesir yang dianggap mempengaruhi gerakan kebangkitan rakyat di kawasan Timur Tengah. Fenomena di Mesir ini menarik perhatian seluruh dunia untuk melihatnya sehingga memunculkan ragam pertanyaan mendasar seperti benarkah Timur Tengah baru sedang terbentuk, bagaimana masa depan Timur Tengah dan akan kemana Timur Tengah bergerak. Kalangan politisi dan media-media di dunia terutama pusat-pusat kekuatan Barat santer membicarakan fenomena ini.

(FISIP UNS).