PELATIHAN PENGGUNAAN PROGRAM AUDIO INTERAKTIF DARI DBE2

FKIP UNS bekerja sama dengan Decentralized Basic Education 2 (DBE2)-USAID memberikan bantuan seperangkat Alat Program Pembelajaran Audio Interaktif Anak Usia Dini kepada Prodi PG-PAUD FKIP UNS. Sebagai tindak lanjut dari kerja sarna tersebut Prodi PG-PAUD FKIP UNS mengadakan acara Training of Trainers (TOT) Interactive Audio Instruction “Pelatihan Penggunaan Program Audio Interaktif selama dua hari, 4-5 April 2011 di Gedung PG- PAUD FKIP UNS”. Menurut Ketua Program Studi PG-PAUD FKIP UNS, Dra. Hj. Siti Wahyuningsih M.Pd., TOT ini menghadirkan 3 fasilitator yaitu Octavia Mantik selaku Kindergarten Program Coordinator DBE2 (USAID) dari Jakarta dan dua orang asisten, yaitu Tukinah, SPd dan B. Rita Astuti, S.Pd. dari DBE2 Jawa Tengah. Hadir dalam acara ini:

  1. Prof. Dr. Sunardi, M.Sc. (Sekretaris Eksekutif KPTIP: Konsorsium perguruan Tinggi Indonesia – Pittsburgh)
  2. Dr. Vincent P. Costa (Provincial Coordinator DBE2 Jawa Tengah).

Acara dibuka oleh Prof. Dr. rer. nat. Sajidan, M.Si (PD 1 FKIP UNS), dihadiri oleh 30 orang peserta dari dosen PG-PAUD, perwakilan dosen PGSD dan perwakilan dari 6 (enam) TK sebagai sekolah mitra PG-PAUD FKIP UNS.

Tujuan diselenggarakannya workshop adalah:

  1. memaparkan pentingnya pembelajaran berbasis teknologi
  2. memaparkan lebih dalam mengenai program audio interaktif dan bagaimana memanfaatkannya untuk peningkatan kualitas pembelajaran anak usia dini
  3. memahami kelebihan program audio interaktif sebagai sarana pembelajaran siswa aktif dan dinamis
  4. mengembangkan kualitas mengajar berbasis pada alternatif teknologi audio
  5. mengembangkan kreativitas pendidik dalam menyampaikan pesan-pesan pembelajaran lebih komprehensif
  6. meningkatkan pembelajaran berbasis RBL (Research Based Learning).

(Ketua Panitia Pelatihan).