PENGABDIAN: STRATEGI MENCAPAI KEBERHASILAN PERTANIAN ORGANIK

Dalam rangka meningkatkan kerjasama antara perguruan tinggi dengan masyarakat, khususnya untuk pemberdayaan petani, pada hari Rabu, 9 Februari 2011 tim pengabdian masyarakat Jurusan Ilmu Tanah Fakultas Pertanian UNS telah menjalin kemitraan dengan kelompok Tani Rukun Makaryo yang berada di Desa Pereng, Kecamatan Mojogedang, Kabupaten Karanganyar. Tim dipimpin oleh Drs. Joko Winarno, M.Si, yang dalam hal ini bertindak sebagai fasilitator dalam proses belajar mengajar yang dilakukan oleh Kelompok Tani Rukun Makaryo.

Fasilitasi yang dilakukan adalah memotivasi petani agar mau meningkatkan pengetahuan dan kemampuannya dalam merespon inovasi serta melakukan pendampingan kepada petani dalam proses adopsi inovasi. Metode yang disampaikan dalam kegiatan ini antara lain:

  1. ceramah dengan materi tentang strategi mencapai keberhasilan yang intinya didasarkan pada 4 konsep yaitu: niteni, niru, ngevaluasi dan nambahi yang dijabarkan kedalam 10 strategi, yaitu: a. mencermati keberhasilan yang telah dilakukan  oleh agen pembaharu (Mbah Paiman Hadi Supadmo, sebagai Pembina Kelompok Tani Rukun Makaryo; b) memperhatikan keberhasilan orang lain yang menggunakan metode yang sama; c) memperhatikan kebijakan pemerintah di daerah manapun tentang substansi yang sama; d) memperhatikan kegiatan yang telah dilakukan oleh intelektual terhadap kegiatan yang sama; e) Meningkatkan kualitas komunikasi; f) Meningkatkan kemampuan berorganisasi; g) Memanfaatkan latihan atau mencoba terhadap inovasi; h) melakukan percobaan secara riil; i) memanfaatkan kolega untuk menjamin keberlangsungan pencapaian tujuan; j) melakukan evaluasi diri dengan model analisis SWOT;
  2. praktek langsung membuat pupuk organik padat.

Dengan terselenggaranya kegiatan ini diharapkan petani lebih tertarik terhadap inovasi, lebih sadar terhadap inovasi, meningkatkan kemauan petani untuk melakukan evaluasi atau penilaian terhadap inovasi serta meningkatkan kemauan dan kemampuan petani untuk mencoba.

(Humas Fak. Pertanian UNS).