PELATIHAN WEBMASTER JURUSAN DI FMIPA UNS

Internet adalah media global. Melalui internet kita menemukan berbagai macam informasi yang bermanfaat yang disebarkan dari seluruh penjuru dunia. Internet merupakan media penyebar informasi yang paling cepat, paling luas dan paling mudah diakses dengan biaya murah. Dalam rangka UNS menuju World Class University, salah satu program yang menjadi tumpuan adalah dengan menaikan rangking Webometrics, yakni penilaian terhadap universitas kelas dunia berbasis pada kualitas website yang di bangun oleh universitas yang bersangkutan. Oleh karena itu masing-masing fakultas dan unit kerja yang ada di UNS termasuk Fakultas MIPA UNS dituntut untuk berperan aktif dalam proses meningkatkan rating UNS di Webometrics.

Untuk mendukung upaya tersebut tim website FMIPA UNS, saat ini telah membangun website FMIPA yang baru dengan tampilan dan content yang  telah disesuaikan dengan kebutuhan saat ini. Sedangkan untuk keperluan dokumentasi dan publikasi data penelitian Dosen dan Mahasiswa  telah dibangun website Electronic Journal yang beralamat di http://digilib.mipa.uns.ac.id. Untuk meng-entry dan up dating informasi dan data penelitian dosen dan Mahasiswa FMIPA UNS mengadakan sosialisasi dan pelatihan pengisian website FMIPA UNS, website Jurusan dan Electronic Journal kepada admin Jurusan dan Admin Electronic Journal. Pelatihan telah diselenggarakan pada hari Rabu, 26 Januari 2011 mulai pukul 09.00 WIB bertempat di Laboratorium Komputasi FMIPA UNS.

Sosialisasi dan pelatihan Admin Website Jurusan dan Website Electronic Journal FMIPA UNS dibuka oleh Pembantu Dekan I FMIPA UNS. Dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa FMIPA UNS mempunyai banyak SDM yang mumpuni dalam bidang IT tidak selayaknya tertinggal dengan fakultas-fakultas lain. Selama ini domain FMIPA UNS belum terlihat andilnya dalam ALEXA.COM oleh karena itu menjadi tanggung jawab semua komponen FMIPA UNS untuk dapat meningkatkan peringkat FMIPA di ALEXA.COM, dan untuk menunjang program tersebut akan diadakan lomba bagi admin Jurusan, HMJ dan Ormawa yang paling aktif dalam update Website, pemenang akan diumumkan pada saat Dies Natalis UNS/Dies Natalis FMIPA yang akan datang. Diharapkan dengan adanya pelatihan ini website jurusan akan semakin dinamis dalam memberikan informasi akademis yang dibutuhkan masyarakat serta berkontribusi positif terhadap peningkatan peringkat webometrics UNS.

(FMIPA UNS).