NATIONAL CONGRESS XVI IAAS INDONESIA

International Association of Students in Agricultural and Related Sciences (IAAS) adalah sebuah organisasi mahasiswa pertanian seluruh dunia yang didirikan pada tahun 1957 dan bermarkas besar di Leuven Belgium. Di dalam PBB, IAAS dikenal sebagai NGO (Non Govern-mental Organization). Organisasi ini memfasilitasi pertukaran informasi bagi mahasiswa dari berbagai negara, salah satunya Indonesia. Saat ini IAAS Indonesia memiliki 6 Local Comittee (LC) aktif, yaitu:

  1. LC Universitas Brawijaya (Malang)
  2. LC Institut Pertanian Bogor (Bogor)
  3. LC Universitas Haluoleo (Kendari)
  4. LC Universitas Padjajaran (Bandung)
  5. LC Universitas Diponegoro (Semarang)
  6. LC Universitas Sebelas Maret (Solo).

Pada tanggal 31 Januari – 6 Pebruari 2011 IAAS Indonesia akan mengadakan National Congress XVI dengan tema “Loving Our Agriculture for Our Better Future”. Kegiatan dikemas dalam 2 (dua) bentuk, yaitu:

  1. Seminar dan University Fair yang akan diselenggarakan pada hari Senin, 31 Januari 2011 bertempat di FKIP (Gedung F). Kegiatan ini akan diikuti oleh seluruh member IAAS Indonesia (termasuk UGM, UNSOED, ISTIPER, UDAYANA, UNRAM, UNRIAU, UNTOMOKAKA), mahasiswa, pelajar, lembaga pemerintahan, swasta dan umum. Tema seminar tersebut adalah “Innovation of Information, Communication, and Technology to Support Sustainable Agriculture”.
  2. Sidang Pleno yang akan membahas misi, visi, rekomendasi organisasi, pedoman organisasi, rangkaian aktivitas, pertanggungjawaban dan pemilihan kepengurusan IAAS Indonesia periode 2011-2012. Sidang pleno akan diselenggarakan pada tanggal 1-4 Pebruari 2011 dan direncanakan bertempat di Institut Seni Surakarta (ISI Surakarta) dengan peserta adalah para anggota IAAS (full member).
  3. Field Trip sebagai kegiatan penutup akan dilaksanakan pada tanggal 5-6 Pebruari 2011 di Villa Mekar Tawangmangu dan Klewer Market.

(Bagian Mawa UNS).