PPKwu LPPM UNS RAIH JUARA I KATEGORI LEMBAGA INTERMEDIASI

Pusat Inovasi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (PI UMKM) di bawah koordinasi Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) menganugerahkan PI UMKM Award 2010 kepada UMKM berprestasi/inovatif; juga kepada Lembaga Intermediasi (LI) dan Pemda/Pemkot yang telah melakukan koordinasi dengan BPPT dalam memberi dukungan terhadap UMKM agar mampu tumbuh menjadi usaha yang berdampak ekonomi.

Menurut Ketua Panitia PI-UMKM Award 2010 BPPT, Koento H. Baiquni, dari 67 proposal UMKM yang masuk, dipilih 29 proposal UMKM yang memenuhi kriteria yakni dari sisi inovasi, dengan melihat unsur proses produksi, manajemen, pemasaran dan kemasan. Juga dari sisi nilai tambah, meliputi unsur penyerapan tenaga kerja, pendapatan, dan ramah lingkungan, serta dari sisi pasar, baik lokal maupun nasional. Setelah melalui serangkaian proses penilaian yang ketat, akhirnya ditetapkan peraih Juara I PI UMKM Award 2010 adalah CV Asry Agro Engineering Bandung untuk bidang manufaktur, PD Pusaka Tani Cianjur untuk bidang agroindustri, dan CV Jamal Handycraft untuk bidang industri kreatif.

Untuk Lembaga Intermediasi, penilaian didasarkan pada empat kriteria, yakni:

  1. pembinaan
  2. teknologi inovatif
  3. pemasaran
  4. anggaran.

Hasil penilaian menetapkan PPKWU LPPM Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) memenuhi keempat kriteria tersebut dan berhak meraih Juara I serta mendapatkan PI UMKM Award 2010.

Sedangkan Pemda/Pemkot yang ditetapkan sebagai pemenang PI-UMKM 2010 adalah Pemkot Surakarta yang dinilai telah memberikan perhatian khusus dalam usaha pengembangan UMKM.

Penganugerahan award tersebut diserahkan oleh Kepala BPPT, Marzan Azis Iskandar di Jakarta pada hari Rabu, 10 November 2010.

(LPPM UNS).