SEMINAR HASIL LESSON STUDY PMIPA FKIP UNS

Pada hari Sabtu, 7 Agustus 2010 Jurusan PMIPA FKIP UNS telah menyelenggarakan Seminar Hasil Lesson Study. Seminar ini diselenggarakan oleh Tim Lesson Study FKIP UNS bertempat di Aula Pasca Sarjana UNS mulai jam 09.00 – 15.30 WIB. Seminar ini dibuka oleh Dekan FKIP UNS Prof. Dr. M. Furqon H, M.Pd dan memberikan arahan untuk menindaklanjuti lesson study (LS) FKIP UNS sudah menyiapkan wadah yaitu ALIHE (Active Learning in Higher Education) sedangkan di sekolah yaitu ALIS (Active Learning in School).

Hadir pada seminar ini adalah Dr. Yosafat Sumardi, MS sebagai pendamping LS PMIPA FKIP UNS sekaligus sebagai keynote speaker. Beliau menyajikan pengalaman LS di UNY maupun pendampingan di berbagai tempat di Indonesia. Peserta seminar adalah semua dosen PMIPA FKIP UNS, perwakilan dosen dari semua prodi di FKIP UNS, serta guru-guru RSBI dari 5 sekolah di kota Surakarta dan sekitarnya. Ketua Seminar Dr. Sarwanto, M.Si. mengungkap-kan bahwa seminar ini merupakan salah satu bentuk mengkomunikasikan pengalaman melakukan lesson study selama semester genap tahun 2009/2010.

Seminar ini juga menampilkan 10 penyaji pendamping yang melaporkan pengalaman melakukan Lesson Study. Kesepuluh penyaji tersebut adalah:

  1. Dr Mardiyana, M.Si.
  2. Dr. Imam Sujadi, M.Si. (Matematika)
  3. Dr. Sarwanto, M.Si.
  4. Drs. Pujayanto, M.Si. (Fisika)
  5. Dra Sri Widoretno M.Si.
  6. Dra. Alfi R, M.Si. (Biologi)
  7. Drs. Haryono, M.Pd.
  8. Agung Nugroho, M.Pd. (Kimia)
  9. Drs. Mudjijono, Ph.D (Monevin)
  10. Dwi Teguh R, M.Si. (Dokumenter).

Menurut Dr. Yosafat Sumardi, M.S., pelaksanaan lesson study di FKIP UNS sudah bagus dan perlu dipertahankan dan perlu ditingkatkan lagi. Adanya dukungan yang sangat kuat dari pimpinan fakultas dalam bentuk wadah ALIHE dan pendanaan melalui RBA akan menjamin keberlangsungan LS.

(FKIP UNS).