10 MAHASISWA UNS IKUTI KREDIT TRANSFER MIT

Sepuluh mahasiswa Fakultas Pertanian UNS diberangkatkan ke Thailand dan Malaysia untuk mengikuti program Kredit Transfer Malaysia Indonesia Thailand (MIT) yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DlKTI). Untuk mempersiapkan hal tersebut, terlebih dahulu UNS harus membentuk kelas internasional.

Menurut Dekan Fakultas Pertanian UNS (Prof. Dr. Ir. Suntoro Wongso Atmojo, M.S.) universitas yang ikut dalam program MIT mengirimkan mahasiswanya untuk kuliah di negara yang dituju dengan memilih mata kuliah yang diakui oleh perguruan tinggi masing-masing negara. Jumlah Sistem Kredit Semester (SKS) yang harus ditempuh adalah 20 SKS atau selama 1 (satu) semester. Perguruan tinggi yang dituju di Thailand adalah Kasesat University Thailand, sedangkan untuk negara Malaysia adalah Universitas Puta Malaysia. Adapun perguruan tinggi di Indonesia yang ikut dalam program tersebut adalah Universitas Sebelas Maret (UNS), Institut Pertanian Bogor (IPB), UGM dan Universitas Sriwijaya.

Untuk program yang kali pertama dilaksanakan ini, lebih ditujukan pada jurusan agroteknologi. Ada 5 (lima) mahasiswa UNS yang diberangkatkan ke Malaysia sejak sepekan lalu. Sementara 5 (lima) mahasiswa yang studi ke Thailand, telah berangkat sejak satu bulan lalu. Mahasiswa yang dikirim telah mernenuhi kriteria yaitu harus memiliki Indek Prestasi Komulatif (IPK) lebih dari 3.0.

(Bagian Sistem Informasi UNS).