PEMENTASAN NASKAH “CANNIBAL” DI TBJT

Sejarah peradaban manusia diwarnai oleh perilaku dan nafsu penguasa yang selalu menghalalkan segala cara demi mendapat sebuah kekuasaan yang berlebih. Sejarah juga sering tak bisa lepas dari pertumpahan darah, kudeta, penggulingan kekuasaan, dan sederet ambisi baik yang tercatat maupun yang terlupakan oleh sejarah. Berangkat dari kegelisahan tersebut, Teater SOPO Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) UNS mementaskan sebuah naskah karya Ben Jon berjudul “Cannibal di Teater Arena Taman Budaya Jawa Tengah (TBJT) Solo pada tanggal 14 Juli 2010.

Naskah yang ditulis oleh pengajar Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI) Bandung tersebut rnengisahkan sebuah konteks sejarah yang berlangsung di wilayah Mojokuto dan pinggiran Bengawan Solo yang cukup disakralkan di era penjajahan kolonial Belanda pada masa itu. Dari sanalah, berbagai pergolakan revolusi dan ambisi perebutan kekuasaan antara penjajah Belanda dan penduduk pribumi yang berkhianat digambarkan secara gamblang dan dramatis ke dalam pertunjukan teater.

Sutradara pementasan tersebut, Rudyaso Febriadi menjelaskan, naskah “Cannibal” sengaja diangkat ke dalam sebuah pementasan teater mengingat nafsu kekuasaan tidak bisa lepas dalam roda kehidupan manusia setiap zamannya. Pementasan yang melibatkan 19 pemain dan berlangsung selama dua jam lebih tersebut merupakan pentas produksi Teater SOPO yang ke XVII. Setelah pentas di Teater Arena TBJT, Teater SOPO berencana mementaskan naskah itu di Kabupaten Purbalingga dalam waktu dekat ini.

(Bagian Sistem Informasi UNS).