REKOR MACAPAT 50 JAM DI UNS

Pada hari Selasa, 8 Juni 2010 tepat pukul 13.00 WIB, tembang macapat mulai berkumandang di pelataran Gedung IV Fakultas Sastra dan Seni Rupa (FSSR) UNS. Sekitar 387 bait tembang macapat yang bersumber pada 12 kitab atau serat Sastra Jawa siap dikumandangkan selama 50 jam.

Drs. Suyatno, M.Si. (Kepala Pusat Pengem-bangan Bahan Pustaka, Perpustakaan Nasional Republik Indonesia), membuka Pergelaran Macapat Terlama 50 jam Non Stop tersebut dengan melantunkan Dhandhanggula. Tembang macapat dari naskah kuno Serat Tripama dibawakan dengan cengkok yang merdu. Tembang-tembang macapat lantas diteruskan oleh sejumlah guru besar antara lain:

  1. Prof. Drs. Suranto, M.Sc, Ph.D
  2. Prof. Dr. MMA Sri Samiati Tarjana, Dipl. TESOL
  3. Prof. Dr. Bani Sudardi, M.Hum.
  4. para dosen
  5. mahasiswa UNS.

Ratusan warga dari kalangan seniman, budayawan, tokoh masyarakat, pejabat, dan masyarakat umum juga bergabung hingga selesainya pergelaran ini yaitu pada tanggal 10 Juni 2010.

Menurut Drs. Imam Sutarjo, M.Hum. (Ketua Jurusan Sastra Jawa FSSR UNS), syair-syair macapat yang merupakan karya para pujangga terdahulu tersebut masih sangat relevan untuk digunakan di zaman sekarang. Ajaran-ajaran yang memuat budi pekerti dan kearifan lokal memiliki arti yang cukup mendalam untuk bisa diserap dan dihayati.

(Bagian Sistem Informasi UNS).