SEMINAR NASIONAL PENGEMBANGAN PROFESI GURU DI UNS

Indonesia adalah sebuah negara berkembang yang memiliki sumber daya manusia melimpah, namun kurang didukung dengan kualitas yang baik. Rendahnya mutu sumber daya manusia Indonesia terkait erat dengan masih rendahnya mutu pendidikan di Indonesia, khususnya dalam hal profesionalisme tenaga pendidik dan kependidikan.

Atas dasar pemikiran tersebut program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP UNS menyelenggarakan seminar dengan tema “Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Seminar dilaksanakan pada hari Sabtu, 24 April 2010 bertempat di Aula Gedung F (Gedung Ungu) Lantai 3 FKIP UNS, Jl. Ir. Sutami 36 A Kentingan Surakarta.

Seminar diikuti oleh tenaga pendidik dan kependi-dikan, pengawas, dosen, masyarakat umum dan kepala sekolah. Dalam seminar tersebut juga disosialisasikan Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru Dan Angka Kreditnya. Seminar ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan tenaga pendidik sehingga terbentuk tenaga pendidik yang profesional yang mampu mengembangkan keprofesian secara berkelanjutan.

Hadir sebagai pembicara pada seminar ini adalah: 1) Hywel Coleman (konsultan Internasional Proyek Bermutu Kementerian Pendidikan Nasional) dari Inggris; 2) Prof.Dr. Baedhowi, M.Si (Dirjen PMPTK Kementerian Pendidikan Nasional); 3) Prof. Dr. Siswandari, M.Stat (Ketua LP2KS dan Konsultan Nasional Proyek Bermutu Kementerian Pendidikan Nasional). Bertindak sebagai Keynote Speaker adalah Prof.Dr. M. Furqon Hidayatullah, M.Pd (Ketua LPTK se-Indonesia). (Humas Kantor Pusat UNS).