LAUNCHING WEBSITE KPTIP

Konsorsium Perguruan Tinggi Indonesia-Pittsburgh (KPTIP) merupakan forum kerjasama perguruan tinggi antara Indonesia dan Amerika yang mempunyai misi, di antaranya: 1) meningkatkan keunggulan pendidikan tinggi Indonesia; 2) menciptakan kemitraan yang berkelanjutan dalam bidang akademik dan riset; 3) menyediakan dukungan teknis kepada perguruan tinggi anggota KPTIP dengan fokus pada manajemen pendidikan tinggi, sekolah laboratorium berbasis perguruan tinggi, dan pembelajaran aktif.

KPTIP didirikan pada tanggal 24 September 2007 di Pittsburgh, Amerika bersamaan dengan diselengga-rakannya pelatihan manajemen pendidikan tinggi bagi tujuh rektor dari Indonesia yang berkunjung ke Pittsburgh University. Kegiatan pelatihan yang diselenggarakan merupakan bagian dari Project Decentralized Basic Education 2 yang disponsori oleh USAID. Pada saat pendiriannya, KPTIP hanya memiliki anggota yang terdiri dari tujuh perguruan tinggi di Indonesia dan satu perguruan tinggi Amerika, yaitu: 1) Universitas Syah Kuala, Banda Aceh; 2) Universitas Negeri Semarang; 3) IAIN Walisanga, Semarang; 4) Universitas Sebelas Maret, Surakarta; 5) Universitas Negeri Malang; 6) Universitas Negeri Surabaya; 7) Universitas Muhamma-diyah Makasar; 8) University of Pittsburgh, Amerika.

Saat ini anggota KPTIP bertambah hingga 16 perguruan tinggi di Indonesia dan 3 perguruan tinggi di Amerika. Pada hari Sabtu, 20 Maret 2010 pukul 20.00 WIB para anggota KPTIP yang diwakili oleh rektor masing-masing perguruan tinggi mengikuti tele-video conference untuk me-launching Situs KPTIP yang beralamat di http://kptip.uns.ac.id. Launching dilakukan dari Halaman Gedung Kantor Pusat UNS bersamaan dengan acara Pagelaran Wayang Kulit dalam rangkaian peringatan Dies Natalis UNS yang ke-34.

Dalam sambutannya Prof. Dr. Much. Syamsulhadi, dr. Sp.KJ (K),  Ketua KPTIP yang sekaligus juga Rektor UNS Solo menyampaikan bahwa situs tersebut akan bermanfaat bagi perguruan tinggi anggota Konsorsium maupun non-anggota. Website tersebut akan berfungsi sebagai titik penghubung semua perguruan tinggi anggota, dengan tujuan untuk memfasilitasi kerjasama-kerjasama yang saling menguntungkan dalam rangka peningkatan kualitas manajemen pendidikan tinggi. Selanjutnya, Ketua KPTIP (Rektor UNS Solo) berharap dan mendorong semua anggota untuk berpartisipasi dalam berbagai kegiatan dan projek yang diselenggarakan dan disponsori KPTIP, serta bersama-sama memperkaya situs tersebut. (KPTIP).