UNS ADAKAN LKMM

Mahasiswa sebagai kader bangsa harus memiliki bekal oleh pengalaman kepemimpinan dan manajemen orga-nisasi yang memadai. Karena, dalam kegiatan perkuliahan di setiap program studi tidak ada pembekalan kepemimpinan dan manajemen organisasi maka perlu adanya pembekalan soft skill kepemimpinan dan manajemen organisasi tersebut.

Untuk mewujudkan hal tersebut, dalam rangka memperingati Dies Natalis ke-34 UNS, Bidang Kemahasiswaan menyelenggarakan Latihan Keterampilan Manajemen

Mahasiswa (LKMM) Tingkat Dasar. LKMM Tingkat Dasar diselenggarakan pada tanggal 23 – 26 Maret 2010 bertempat di Ruang Sidang Biro Kemahasiswaan UNS.

Peserta LKMM Tingkat Dasar berjumlah 74 orang mahasiswa diutamakan para aktivis yang tergabung dalam berbagai Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di setiap Fakultas dan Universitas. Selain itu, para peserta disyaratkan terutama yang sudah duduk di semester III dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) rata-rata 3,0.

Model Pelaksanaan LKMM adalah Diktorium (Pendidikan dalam Labolatorium) yang terdiri dari Ceramah, eksperi-men, dan latihan. Sesi ceramah terdiri dari ceramah gaya kepemimpinan dan kehumasan. Sesi eksperimen terdiri dari materi-materi seperti eksperimen komunikasi antar unit kerja, peran dan fungsi, tolok ukur keberhasilan program. Adapun sesi latihan terdiri dari kesekretariatan yang difokuskan pada tata cara persuratan dan analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan program. Selama pelaksanaan, peserta didampingi oleh dosen-dosen sebagai pemandu yang kesemuanya telah mempunyai kualifikasi dan sertifikasi sebagai pemandu LKMM yang dikeluarkan oleh Kemendiknas. Sehingga, dengan LKMM Tingkat Dasar ini diharapkan dapat dimanfaatkan oleh peserta dalam mengelola organisasi internal kampus maupun dapat dijadikan bekal kelak jika sudah lulus dari UNS. (Koordinator Pemandu LKMM UNS).