University Kebangsaan Malaysia (UKM) Gagas Kerjasama dengan UNS Solo

Demi terwujudnya akademisi yang tidak hanya bisa berkiprah dalam lingkup lokal maupun nasional, serta mewujudkan mimpi menjadi World Class University, UNS kembali menjalin kerja sama dengan universitas di luar negeri. “Tujuan utamanya tentu saja untuk pertukaran pengetahuan dan saling mengetahui budaya,” ungkap Guru Besar Universiti Kebangsaan Malaysia Prof.Dr. Anton Satria Prabuwono, Senin, (30/4) di Ruang Sidang 1 Kantor Pusat UNS.

Anton menjelaskan bahwa tujuannya datang ke UNS Solo yaitu untuk melakukan penandatanganan kerja sama antar universitas melalui Memorandum of Understanding (MoU) dengan Universitas Sebelas Maret (UNS Solo). Ia mengaku sebe-lumnya pernah menandatangani sebuah kerja sama di tingkat fakultas antara Fakultas Sains dan Teknologi Informasi UKM dengan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UNS, yang dikenal dengan Letter of Intent (LoI).

Cakupan dari kerja sama antara UNS dan UKM ini meliputi kegiatan akademik dan non-akademik. Kegiatan akademik dapat berupa pertukaran pelajar (student exchange), sedangkan kegiatan non-akademik berupa pertukaran budaya. Selain itu, kerja sama ini juga dapat membuka peluang bagi mahasiswa maupun dosen peneliti dari UNS untuk melakukan riset di UKM, begitu juga sebaliknya.

“Untuk sementara, masih dari FMIPA UNS saja yang dapat melakukan program-program tersebut dengan Fakultas Sains dan Teknologi Informasi UKM, karena ini masih berupa inisiasi,” ujar Anton.

Anton berharap selanjutnya dapat terus menjalin kerja sama dengan fakultas-fakultas lain di UNS yang memiliki kesamaan kurikulum dengan fakultas di UKM.

Kedepannya diharapkan adanya arah menuju program double degree dari kedua universitas. Bisa dilakukan dengan cara belajar dua tahun di UNS, lalu dilanjutkan dua tahun di UKM untuk level S1. Hal serupa juga dapat dilaksanakan untuk level S2 maupun S3.    [red-uns.ac.id]