FP UNS Terima Kunjungan dari Indonesian Rainforest, Lacon Quality, dan Natural Life International

Pimpinan Fakultas Pertanian (FP) UNS pada tanggal 29 Januari 2015, diwakili oleh Samanhudi bersama beberapa jajaran staf FP, yaitu Hadiwiyono, Susilo Hambeg Poromarto, Mujiyo, Retno Wijayanti, dan Komariah menerima kunjungan dari delegasi Indonesian Rainforest (Agus Suryono, John A. Quayle, dan tim), Friedhelm Goeltenboth dari Natural Life International (Jerman), serta Bobby Isaac dari Lacon Quality International (India). Sebelum berdiskusi lebih lanjut di FP UNS, seluruh tim terlebih dahulu melakukan kunjungan ke cluster biofarmika yang dipimpin Suparman di kecamatan Jumantono, Karanganyar. Selain di kantor biocluster, seluruh tim juga melakukan survei ke beberapa lokasi pembudidayaan tanaman biofarmaka secara organik di Karanganyar.

Tujuan utama dari pertemuan ini adalah untuk membantu cluster petani biofarmaka di Karanganyar mendapatkan sertifikasi organik dari Eropa, terutama Jerman. Bobby Isaac selaku Direktur Lacon Quality International memberikan banyak penjelasan dan pelatihan kepada pihak FP UNS yang nantinya diharapkan bisa menjadi internal auditor untuk proses sertifikasi organik Eropa ini.

Sponsor utama upaya sertifikasi organik ini adalah Natural Life International dan Indonesian Rainforest. Selain untuk lebih mendorong pasaran produk-produk lokal Indonesia ke pasar internasional, tujuan utama pihak sponsor membiayai upaya sertifikasi ini adalah untuk menjaga kelestarian sumber daya alam dan lingkungan dari degradasi akibat praktik eksploitasi lahan yang tidak ramah lingkungan. Petani biofarmaka di Karanganyar menyambut baik niatan tersebut dan menyatakan akan berupaya seoptimal mungkin guna meraih sertifikasi tersebut, demikian disampaikan Ahmad Yani, salah satu anggota cluster biofarmaka kecamatan Ngargoyoso.

Selain membahas mengenai sertifikasi organik tersebut, kunjungan ini juga membahas mengenai kemungkinan penyelenggaraan konferensi internasional tertutup mengenai pertanian, hutan, dan lingkungan di UNS pada September atau Oktober 2016 yang akan disponsori oleh pihak Natural Life International.   [FP UNS]