UNS Jadi Kampus Pertama dalam Rangkaian SCTV Goes to Campus

(Dari kiri ke kanan): Nurjaman Mochtar (Pimpinan Redaksi Liputan 6 SCTV), Ravik Karsidi (Rektor UNS), Dimas Prakoso Nugroho (Juara 3), Ardianto Wijaya Kusuma (Juara 2), Eri Dwi Cahyono (Juara 1), Retno Pinasti (Ketua Dewan Juri dan News Anchor Senior Liputan 6 SCTV).

SCTV Goes to Campus 2015 menyambangi Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, pada 24-25 Maret 2015 di Auditorium UNS. Agenda tahunan yang rutin diselenggarakan sejak tahun 1997 ini, memperkenalkan dunia broadcasting dan jurnalistik televisi kepada mahasiswa dan umum.
Bertajuk Meraih Mimpi Dunia TV, SCTV Goes To Campus 2015 hadir dengan rangkaian acara, diantaranya adalah Lomba News Presenter, Kuliah Umum/Talkshow tentang Dunia Penyiaran dan Jurnalistik TV, dan News Presenter Video Competition bersama Vidio.com. Selain itu SCTV juga membuka peluang untuk berkarir di dunia broadcasting TV lewat drop box and open recruitment. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, SCTV Goes To Campus kali ini terdapat Coaching & Workshop tentang Public Speaking, Reporter, Cameramen, dan Make Up.
Hari pertama SCTV Goes to Campus, diawali dengan workshop Public Speaking yang dibawakan oleh para news anchor SCTV yakni Senandung Nacita dan Djati Dharma. Kemudian dilanjutkan dengan tahapan seleksi lomba news presenter. Sekitar 130 peserta mengikuti tahapan tes tulis wawasan umum dan sesi wawancara. Dewan juri nantinya akan mengerucutkan menjadi 10 finalis. Adapun posisi juri pada sesi wawancara diisi oleh Abbas Yahya (Redaktur Senior Liputan 6), Retno Pinasti (Produser dan News Anchor Senior Liputan 6), Raymond Kaya (Kepala Peliputan Liputan 6), Merdi Sofansyah (Executive Producer Liputan 6), dan Nova Utami (HRD SCTV). Sementara itu, selain lomba news presenter yang dihelat di Auditorium UNS, diadakan pula sesi Coaching & Workshop Reporter, Cameramen, dan Make Up di Ruang Sidang 4 kantor pusat.
Di hari kedua, rangkaian SCTV Goes to Campus memasuki babak final lomba news presenter. Sepuluh peserta yang menjadi finalis diumumkan pada hari kedua ini. Kesepuluh finalis mendapatkan materi untuk disajikan dalam bentuk live report dan dinilai langsung oleh para dewan juri. Selain final lomba news presenter, diisi juga workshop broadcasting dan jurnalistik Meraih Mimpi Dunia TV yang disampaikan langsung oleh Pimpinan Redaksi Liputan 6 SCTV, Nurjamman Mochtar.
Setelah melalui proses penjurian beberapa tahap, dewan juri yang diketuai Retno Pinasti mengumumkan tiga pemenang lomba news presenter SCTV Goes to Campus UNS 2015 secara langsung di Liputan 6 Siang SCTV. Juara pertama diraih oleh Eri Dwi Cahyono (Ilmu Komunikasi 2010, FISIP UNS), di posisi kedua diisi Ardianto Wijaya Kusuma (Ilmu Komunikasi 2014, FISIP UNS), dan juara ketiga diraih oleh Dimas Prakoso Nugroho (Ilmu Komunikasi 2013, Pascasarjana FISIP UGM). Pemenang juara 1 lomba news presenter ini mendapatkan uang tunai sebesar Rp 15 juta, juara 2 Rp 10 juta, dan juara 3 Rp 5 juta. Selain itu tiga besar pemenang nantinya juga akan mendapatkan kesempatan magang di SCTV. [red.uns.ac.id]