FP UNS Terima Delegasi SEAMEO-BIOTROP

Dr. Jess A. Fernandez dari Southeast Asian Regional Centre for Tropical Biology (SEAMEO-BIOTROP) mengunjungi Fakultas Pertanian (FP) UNS, Jumat (16/1). Diterima oleh pihak dekanat FP, Bambang Pujiasmanto (dekan) dan Samanhudi (PD I) serta beberapa staf FP UNS yaitu: Agung Wibowo, Sutrisno Hadi Purnomo, Danar Praseptiangga, dan Komariah.

SEAMEO-BIOTROP yang berkedudukan di Jalan Raya Tajur Km. 6, Bogor, memiliki misi untuk berkontribusi dalam ilmu pengetahuan dan pengembangan kapasitas terkait dengan pelestarian dan pengelolaan kelestarian biodiversitas tropis dan untuk peningkatan kesejahteraan masyakarat dan lingkungan di Asia Tenggara.

Dalam kunjungannya kali ini, Dr. Jess A. Fernnadez menjajaki kemungkinan kerjasama yang dapat dijalin dengan FP UNS. Pihak FP UNS menyambut niat baik tersebut dengan segera menyiapkan draft Memorandum of Understanding (MoU) antara FP UNS dengan SEAMEO-BIOTROP.  Lebih lanjut, Danar Praseptiangga yang tahun ini ditunjuk sebagai ketua penyelenggaraan kegiatan Dies Natalis di FP UNS mengundang pihak SEAMEO-BIOTROP untuk turut serta terlibat dalam pelaksanaan kegiatan Simposium Internasional yang rencananya akan diadakan pada bulan April 2015 mendatang di FP UNS.

Lebih jauh, Dr. Jess A. Fernandez menawarkan penelitian kerjasama dengan syarat yaitu staf FP UNS mengajukan proposal penelitian kepada pihak SEAMEO-BIOTROP dengan anggaran biaya sekitar Rp100 juta. Keterangan mengenai format proposal dapat dilihat lebih lanjut pada website SEAMEO-BIOTROP. Selain penelitian kerjasama, ia juga menyampaikan bahwa SEAMEO-BITROP terbuka untuk mahasiswa UNS yang ingin magang ataupun membuat penelitian. [FP UNS]