FMIPA UNS Menyelenggarakan Donor Darah

FMIPA UNS Menyelenggarakan Donor Darah

“Setetes Darah Anda, Nyawa Bagi Sesama”, demikian bunyi spanduk yang terpampang di halaman parkir Fakultas MIPA UNS menyambut aksi donor darah yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas MIPA bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) cabang Surakarta. Donor darah yang dilaksanakan pada Selasa (18/3) di Ruang Sidang Gedung C diikuti oleh civitas akademika FMIPA, mulai dari dosen, karyawan dan mahasiswa.
Salah satu tujuan diadakannya donor darah ini adalah untuk mengedukasi civitas akademika, betapa pentingnya donor darah yang dilakukan demi untuk keselamatan dan kesehatan. Karena tanpa dipungkiri masih banyak masyarakat yang terkontaminasi dengan mitos donor darah, seperti misal ; penularan penyakit, donor darah menyebabkan tekanan darah menjadi rendah, dan lain sebagainya, sehingga calon pendonor pun menjadi takut untuk melakukan donor darah.
Padahal dengan melakukan donor darah selain dapat bermanfaat bagi orang lain ternyata juga memiliki manfaat bagi tubuh kita, diantaranya pendonor yang rutin mendonorkan darahnya setiap 3 bulan sekali dapat menurunkan resiko terkena penyakit jantung, terutama pada laki – laki sebesar 30% (British Journal Heart) seperti serangan jantung koroner dan stroke karena memungkinkan terjadinya pergantian sel darah baru, dan badan merasa sehat “Setelah donor, biasanya badan terasa segar,” demikian dikatakan Rudi Iswanto salah seorang pendonor ketika ditanya manfaat dari donor darah.
Meskipun banyak yang berminat untuk mendonorkan darahnya, namun tidak semua calon pendonor dapat mendonorkan darahnya dikarenakan ada syarat-syaratnya. Seperti Shefi, mahasiswi Jurusan Biologi yang tidak dapat mendonorkan darahnya karena tidak memenuhi berat badan minimum. Demikian juga dengan Inayah, karena HB nya yang kurang sehingga niat baik untuk mendonorkan darahnya harus tertunda. [red-uns.ac.id]