4 Biro UNS Terima Sertifikat ISO

Sebanyak 4 Biro Adminis-trasi dan 1 jurusan di Universitas Sebelas Maret (UNS) menerima sertifikat ISO 9001: 2008, Senin (18/2/2013) di Auditorium kampus setempat. Keempat biro itu, meliputi: Biro Administrasi Akademik (BAA), Biro Adminis-trasi Umum dan Keuangan (BAUK), Biro Administrasi Kemahasiswaan (Romawa), Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi (BAPSI) serta Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) FKIP UNS.
Rektor UNS Prof. Dr. Ravik Karsidi, MS mengatakan, pengajuan ISO merupakan salah satu bentuk pelayanan kepada masyarakat. Dalam hal ini pelayanan dalam bidang mutu dan manajemen.
Selain itu, ISO juga menjadi bagian dari implementasi UNS Active yang selama ini menjadi budaya kerja UNS. “Tulislah apa yang Anda kerjakan dan kerjakan apa yang Anda tulis. Pelayanan yang terbaik untuk masyarakat dalam menuju world class university pada tahun 2030,” ungkap Ravik Karsidi, dalam sambutannya.
Ke depan, Ravik berencana, pihaknya akan melakukan workshop untuk meng-ISO-kan seluruh unit di universitas pada 25 Februari 2013 mendatang. “Lingkup ISO adalah ISO untuk bidang pelayanan dan ISO untuk bidang akademik,” ujarnya.
Pada kesempatan yang sama, Direktur SAI Global Ir. Nyoman Susila menyampaikan bahwa ISO 9000 merupakan alat untuk menjalankan control improvement. “Jika unit kecil sudah baik, maka unit yang besar, rektorat UNS, juga akan baik,” tutur Nyoman.
Dengan penerimaan ISO kali ini, terdapat total 6 sertifikat ISO yang diterbitkan untuk UNS. Empat diantaranya sudah diperoleh pada 2010 dan 2011 lalu, yaitu UPTP2B, Teknik Sipil UNS, UPT Perpus, dan FH UNS. UPTP2B dan Teknik Sipil UNS telah melakukan perpanjangan sertifikat ISO yang diterimanya. [red-uns.ac.id]